PENGARUH PENGGUNAAN METODE INQUIRY DENGAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK

Bronson ., Asri Lubis

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen (Quasi Experiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Menerapkan dasar-dasar gambar teknik pada kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk PakamTahun Ajaran 2014/2015, dengan 2 kelas yang masing-masing kelas jumlah siswanya 32 orang. Pengambilan sample dengan claster sampling, kelas X TGB A dikategorikan sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode inquiry pada kelas eksperimen dan metode Ekspositori pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini, ditemukan pada hasil belajar siswa menggunakan metode inquiry dengan nilai rata-rata 84 sedangkan hasil belajar menggunakan metode ekspositori lebih rendah dengan nilai rata-rata 68. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa hasil belajar yang menggunakan metode inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan metode ekspositori pada mata pelajaran menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

 

Kata Kunci :Metode Inquiry, Metode Ekspositori, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/eb.v1i2.2812

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 300 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.