PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 2 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Konstruksi Bangunan dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching.Penelitian dikemas dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatandan refleksi.Data penelitian diambil dari lembar observasidan tes hasil belajaryang sebelumnya telah di uji instrument.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Medan dengan jumlah sampel 30 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwaaktivitas belajar siswapada siklus I yang mencapai kriteria Aktif ialah sebanyak 9 siswadan pada siklus II ialah sebanyak 26 siswa dengan nilai rata-rata akhir yaitu 80,33. Hasil belajarpada siklus I, persentase kelulusan yaitu 66.67% dengan nilai rata‑rata 73,97 dan pada siklus II persentase kelulusan yaitu 86,67%dengan nilai rata‑rata 81,75. Jadi dapat disimpulkanbahwadengan dua siklus, model pembelajaran Quantum Teaching telah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, QuantumTeaching
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/eb.v2i1.3748
Article Metrics
Abstract view : 267 timesPDF - 452 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia
Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319
E-mail : ptbunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.