PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BAGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BALIGE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan. Variabel penelitian ada dua yaitu model pembelajaran Team Assisted Individualization dan metode pembelajaran Konvensional sebagai variabel bebas dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan sebagai variabel terikat. Instrumen tes hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan yang valid diperoleh 23 butir dari 30 butir tes yang di ujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,9410. Dari hasil penelitian diperoleh hasil Fhitung= 7,919 dan Ftabel = 4,022, disimpulkan bahwa hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran konvensional menunjukkan perbedaan. Dari perhitungan uji t diperoleh bahwa thitung = 2,814 > ttabel= 1,693, berarti terima Ha dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar, dengan kata lain model pembelajaran Team Assisted Individualization memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2015/2016.
.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Team Assisted Individualization
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/eb.v2i1.3749
Article Metrics
Abstract view : 258 timesPDF - 308 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia
Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319
E-mail : ptbunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.