PENGARUH KARAKTERISTIK PASIR MERAH LABUHAN BATU SELATAN TERHADAP SIFAT MEKANIK (UJI SEM, DIFRAKSI SINAR X, UJI IMPAK) DARI BETON

Veryyon Harahap, Mukti Hamzah Harahap

Abstract


Penelitian karakterisasi pasir merah sebagai bahan campuran beton telah dilakukan untuk mengetahui strukturnya dengan berbagai pengujian.Beton dibuat berbentuk Balok 15 x 15 x75 cm dengan standart SNI K123. Pada penelitian ini dibuat agregat halus (pasir merah) sebesar 25%, 50%, dan 75%,  dari berat agregat halus yang digunakan. Setelah melalui masa 28 hari kemudian beton diuji dengan metode Uji Impak dengan prosedur yang ada.

Pengujian SEM pada Pasir Merah setelah di ayak. Dari hasil pengujian, diperoleh Hasil pengujian SEM memperlihatkan bahwa rongga pada pasir merah ukuran kecil, halus ukurannya bisa mencapai 1 µm-10 µm.Pengujian XRD Pada Pasir Merah setelah di ayak, dicuci dan dikering. Dari hasil pengujian, diperoleh Hasil pengujian XRD terdapat unsur-unsur seperti SiO2 (silikon Oxide), TaO2 (Tantalum Oxide), FeNi (Iron Nikel), FeC (Iron Carbide), TaO (Tantalum Oxide), Fe2C (Iron Carbide) memperlihatkan bahwa grafik menunjukkan nilai intensitasnya silikon pasir merah tinggi.

Dari hasil pengujian impak diperoleh kuat patah maksimum beton pasir merah pada komposisi 50% dengan kekuatan 18,6 Mpa. Hasil ini melampaui kekuatan yang ditetapkan oleh Badan Standart Nasional Indonesia.Hal ini dimungkinkan oleh ukuran pasir yang lebih halus dan kandungan silicon yang lebih banyak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/einstein.v1i2.5061

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF - 288 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.