PENGARUH BRAND IMAGE DAN PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI PADA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIMED SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image dan Persepsi Biaya Pendidikan terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe T.A. 2017/2018 yang berjumlah 136 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 68 secara Simple Random Sampling(acak). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara brand image terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan nilai > ( 4,222 > 1,669) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan nilai > sebesar 4,343 > 1,669 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara brand image dan persepsi biaya pendidikan yang dibuktikan dengan nilai > sebesar 73,539 > 3,14 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu 69,4%. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,694. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh brand image dan persepsi biaya pendidikan siswa secara positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe T.A 2018/2019.
Kata-kata kunci : Brand Image, Persepsi Biaya Pendidikan, Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 531 timesPDF - 503 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.