PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan teman sebaya baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap perilaku konsumsi untuk produk fashion pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 126 orang mahasiswa. Sampel sebanyak 96 orang mahasiswa dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes dan angket. Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliable. Kemudian data yang terkumpul dari hasil angket dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Dari hasil analisis diperoleh bahwa secara parsial literasi ekonomi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa dimana thitung > ttabel yaitu 3,182 > 1,985 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan teman sebaya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa dimana thitung > ttabel yaitu 7,347 > 1,985 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Hasil yang diperoleh dari uji F menunjukkan bahwa variabel literasi ekonomi secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswaa pada taraf signifikan 95%, dimana nilai Fhitung > Ftabel yaitu 38,684 > 3,09 dengan nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS Versi 20.00 diperoleh Y = 39,357 - 0,160X1 + 0,610X2. Hasil koefisien determinasi secara keseluruhan sebesar 45,4%, sedangkan sisanya 54,6% dipengaruhi variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Kata-kata Kunci: Literasi Ekonomi, Teman Sebaya, Perilaku Konsumsi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 217 timesPDF - 213 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.