Pengaruh Persepsi Profesi Guru Tehadap Minat dan Semangat Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Untuk Menjadi Guru

Diana Puspita Ayu, Hanifah Hanum, May Sartika, Primawati Sinaga, Ramadhana Ramadhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh persepsi siswa terhadap profesi guru terhadap minat dan semangat mereka dalam memilih profesi guru sebagai pilihan karir. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan kuesioner, penelitian ini menggunakan sampel yang terdiri dari 30 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi positif terhadap profesi guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat siswa untuk menjadi guru. Analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien regresi 0,45, yang berarti setiap peningkatan satu unit dalam persepsi profesi guru berhubungan dengan peningkatan 0,45 unit dalam minat untuk menjadi guru. Selain itu, analisis korelasi pearson menunjukkan nilai r = 0,75 dengan p < 0,01, yang mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan antara persepsi profesi guru dan minat siswa. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya membangun citra positif tentang profesi guru di kalangan pelajar untuk meningkatkan minat mereka dalam memilih profesi guru sebagai karir utama.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 2302-030X



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter

 

Web
Analytics

View Jurnal Ekonomi dan Pendikdan StatCounter

slot gacor slot