HUBUNGAN KECEMASAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Puji Lestari, Emy Hariati, Leni Malinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan belajar dengan prestasi matematika siswa kelas V di SD Swasta Islamiyah. Kecemasan, sebagai faktor psikologis, sering kali menjadi hambatan dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa angket kecemasan dan tes hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecemasan dan prestasi belajar matematika, dengan koefisien korelasi sebesar 0,207 (r hitung > r tabel). Hal ini menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan yang tinggi cenderung memiliki prestasi belajar yang rendah. Studi ini merekomendasikan perlunya strategi pembelajaran yang lebih suportif untuk mengurangi kecemasan siswa dalam belajar matematika.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 2302-030X



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter

 

Web
Analytics

View Jurnal Ekonomi dan Pendikdan StatCounter

slot gacor slot