Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan, dan Harga terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Grab Bike pada Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Fikri Alfahmi Siregar, Anggita Kinanti, Artika Wulandari, Desmila Atheja

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh promosi, kualitas layanan, dan harga terhadap keputusan penggunaan aplikasi Grab Bike pada mahasiswa Universitas Negeri Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik simple random sampling dan melibatkan 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara daring menggunakan Google Form. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS dan melalui serangkaian uji prasyarat statistik meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, promosi, kualitas layanan, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan Grab Bike. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berkontribusi sebesar 57,3% mempengaruhi keputusan penggunaan layanan, sedangkan sisanya 42,7% dipengaruhi variabel lain di luar model penelitian. Temuan mengindikasikan bahwa semakin menarik promosi, semakin baik kualitas layanan, dan semakin kompetitif harga, maka semakin tinggi keputusan mahasiswa menggunakan Grab Bike

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 2302-030X



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter

 

Web
Analytics

View Jurnal Ekonomi dan Pendikdan StatCounter

slot gacor slot