Keyakinan Diri dan Persepsi Sebagai Faktor Penentu Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2023 UNESA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keyakinan diri (self-efficacy) dan persepsi terhadap profesi guru pada minat mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNESA angkatan 2023 dalam memilih karir sebagai guru ekonomi. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner yang mencakup skala keyakinan diri, persepsi terhadap profesi guru, dan minat menjadi guru ekonomi. Data dari 30 responden dianalisis menggunakan regresi dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa keyakinan diri dan persepsi terhadap profesi guru memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa untuk menjadi guru ekonomi. Faktor self-efficacy dan persepsi yang positif terhadap profesi guru secara signifikan mendorong minat mahasiswa dalam karir mengajar ekonomi.Downloads
Published
2024-10-16
Issue
Section
Articles