PENGGUNAAN MOBILE APPLICATION BERBASIS SCIENCE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD

Imelda Free Unita Manurung, Lala Jelita Ananda, Nurhairani Nurhairani, Putra Afriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berfikir kritis yang dimiliki oleh mahasiswa melalui penggunaan mobile application yang dirancang berbasis science problem solving pada mata kuliah konsep dasar IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode quasi eksperiment dengan desain eksperimen the randomized pretest-posttest control group design. Melalui metode cluster random sampling diperoleh kelas yang akan menggunakan mobile application berbasis science problem solving dan kelas yang menggunakan pembelajaran kontekstual. Berdasarkan hasil yang diperoleh rata-rata gain yang dinormalisasi <g> keterampilan berfikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,00. Nilai taraf signifikansi ini menunjukan nilai yang lebih kecil dari 0,050 yang berarti bahwa pada taraf kepercayaan 95% penggunaan mobile application yang dirancang berbasis science problem solving secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis mahasiswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.25899

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.