HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR TEMA 8 SUBTEMA 1 LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL KU KELAS IV SD NEGERI 17 TOMOK

Sorta Simanjuntak, Riris Maduma Sihombing, Demu Karo Karo

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah (1)rendahnya hasil belajar tema 8 subtema 1 siswa (2) Sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menemukan cara dalam menyelesaikan masalah interaksi sosial dengan lingkungannya (3) Kurangnya komunikasi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, hal ini disebabkan karena siswa malu atau tidak berani menyatakan apa yang mereka perlukan. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui:(1)interaksi sosial di kelas IV SD Negeri 17 Tomok.(2) hasil belajar tema 8 subtema 1 llingkungan tempat tinggal ku di kelas IV SD Negeri 17 Tomok. (3) hubungan interaksi sosial dengan  hasil belajar tema 8 subtema 1 lingkungan tempat tinggal ku  kelas IV SD Negeri 17 Tomok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian  korelasi dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 17 Tomok  dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data interaksi sosial (X) dan hasil belajar tema 8 subtema 1 (Y) menggunakan angket skala likert dan dokumentasi. Dan  analisis statistic dengan menggunakan product moment  dengan uji t.            Berdasarkan analisis deskriptif data interaksi sosial yang dilakukan termasuk sedang dengan skor rata-rata sebesar 84,6. Sedangkan hasil belajar tema 8 subtema 1 kelas IV SD Negeri 17 Tomok termasuk kategori cukup dengan skor rata-rata 78,3. Hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai  rhitung  =  0.403 >   rtabel  =  0.374 ( α = 0,05 ). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut terdapat korelasi yang positif. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh  thitung   sebesar  2,330  sedangkan  ttabel  yang diperoleh dari daftar kritis pada tabel t  terhadap alpha  0,05 sebesar  2,048 artinya thitung  >  ttabel    yaitu 2,330 > 2,048. Dengan demikian  hipotesis yang berbunyi “Terdapat hubungan positif yang signifikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar tema 8 subtema 1 lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SD Negeri 17 Tomok di terima secara signifikan”.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.32848

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF - 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.