BAHAN AJAR DALAM BENTUK E-BOOK MATERI SENI RUPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Adek Cerah Kurnia Azis, Winara Winara, Muslim Muslim

Abstract


Salah satu cara meningkatkan minat belajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Medan dapat dilakukan dengan mengembangkan Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Seni Rupa dan Keterampilan Sekolah Dasar. Pengembangan dapat dilakukan dalam bentuk buku berbasis internet/e-book (google book/play book dan google scholar) ber-ISBN yang terintegrasi dengan SIPDA (Sistem Pembelajaran Daring) Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4D-Models, difokuskan pada mahasiswa Prodi PGSD yang mengambil Mata Kuliah Pendidikan Seni di SD. Adapun hasil penelitian ini yaitu dihasilkannya modul bahan ajar Pendidikan Seni di SD dengan nilai validitas modul berada pada pencapaian 91.12% pada kategori sangat valid.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kasina & Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Perkembangan Anak Usia SD Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(13), 183–193.

Aisyah, S. dkk. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62—65.

Anggraini, I. A. dkk. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28.

Arikunto, S. (1996). Prosedural Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Rineka Cipta.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo, 1(2), 71–90.

Lubis, S. (2009). Motodologi Penelitian Pendidikan. Sukabina Press. Magdalena, I. dkk. (2020). ANALISIS BAHAN AJAR. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Mailani, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika Kelas Rendah Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 204–215.

Nasution, Y. dkk. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Budaya Lokal Sumut Pada Matakuliah Pendidikan Ips Kelas Tinggi PGSD UNIMED. ESJ (Elementary School Journal), 11(4), 300–310.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media.

Saputri, Nurdiana & Sa’adah, N. (2021). Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Taujihat : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 172–187.

Sudjana, N. dan A. R. (2002). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.

Susilo, Fitria Anggi Nanik & Pahlevi, T. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan Media Pembelajaran Smartphone pada Mata Pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip Kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Lamongan. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 179–195.

Thiangarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. National Center for Improvement Educational System.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatis-Progresif. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i3.34770

Article Metrics

Abstract view : 226 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.