PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA

Sela Novayesti Rajagukguk, Rumiris Lumban Gaol, Dyan Wulan Sari HS, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita melalui model Project Based Learning. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data melalui tes, dan lembar pengamatan. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V SD Negeri 102081 Mangga Dua. Hal ini terbukti dari hasil Post test Siklus 1 terdapat 14 siswa yang tuntas (47%) dan siswa yang tidak tuntas 16 siswa (53%). Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa (87%), sedangkan 4 orang siswa tidak tuntas (13%).

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E. & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suhardjono & Supardi (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dyan Wulan Sari Hs & Agus Kistian (2020). Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2): 174–188.

Girsang, P. D., Tanjung, D. S., & Azelina, D. (2021). The Effect of Group Investigation Type Cooperative Learning Model on Students’ Learning Outcomes on The Themes of Daerah Tempat Tinggalku at Grade IV SDN 094117 Bangun Saribu. 5(20), 252–261.

Jihad, A. & Haris, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Santifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Bandung: Pustaka Setia.

Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11.

Mailani, E. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Melalui Permainan Monopoli Pecahan. Jurnal Handayani, 4(1), 1–14.

Mailani, E., & Wulandari, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal Dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific Di Sdn 101771 Tembung T.A 2018/2019. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 94–103. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i2.14318

Naibaho, D. E., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 342–351.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran S AVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.

Paizaluddin & Ermalinda (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta, CV.

Pardosi, B., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Model SAVI terhadap Hasil Belajar pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 173593 Parsoburan. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 175–184.

Priansa, D.J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. 2 ed. Bandung: Pustaka Setia.

Purba, F. B., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). The Effect Of Paikem Approach On Students’ Learning Outcomes on The Theme of Lingkungan Sahabat Kita At Grade V SD Harapan Baru Medan Academic Year 2019/2020. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 278–286.

Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.

Ritonga, C. C., Tanjung, D. S., & Sitepu, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 101735 Sei Semayang. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(3), 246–255.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Prenadamedia Group.

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended t erhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tem atik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652.

Sigalingging, R., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pemebelajaran Tematik Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(3), 263–268.

Sihombing, S., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 314–322.

Simalango, A., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Vak Terhadap Hasil Belajar Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Di Kelas V Sd Negeri 118421 Sei Tualang. ESJ (Elementary School Journal), 10(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/20884

Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.

Sinurat, R., Tanjung, D. S., Anzelina, D., & Abi, A. R. (2021). Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Kelas IV di SDN 097376 Sippan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 14(1), 28–37.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga.

Tanjung, D. (2016). meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time gemes tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang sidempuan. IV.

Trianto (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inopatif-Progresif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widiasworo, E. (2018). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i4.35224

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.