ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS III PADA MATERI BANGUN DATAR SDN 07 PALEMBANG

Eka Setiyawati, M. Taheri Akhbar, Tanzimah Tanzimah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan  pemahaman konsep materi bangun datar siswa kelas III SD Negeri 07 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah guru kelas III SD Negeri 07 Palembang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari guru kelas dan siswa di SD Negeri 07 Palembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data meliputi: tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Maka dapat ditarik kesimpulan sudah dalam kategori cukup baik, dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebesar 70,7.


Full Text:

PDF

References


Amaliyah, Aam; Unaenah Een & Humaira, S. F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2213–2218.

Arnidha, Y. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswasekolah Dasar Dalam Penyelesaian Bangun Datar. JPGMI, 53–61.

Baiti, A. N., &; Sutopo, & Kurniawati, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Umpan Balik (Feedback) Siswa Kelas VII SMP Islam Diponegoro Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 4(1), 23–33.

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Ibrahim, M. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Dimensi Tiga. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 2(2), 132–137.

Khotib, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Pada Materi Bangun Datar Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 119–126.

Kristanti, D. (2014). Memahamkan Siswa Tentang Materi Bangun Datar Di Kelas V Sd Negeri Tunjung Sekar III Malang Dengan Media Papan Berpaku. Jurnal Genta Mulia, 5(2), 21–36.

Kusumaningrum, Sellina Ayu & Pujiastuti, H. (2021). Analyzing Students’ Understanding Of Mathematical Concept About Two-Dimensional Figures At Grade III Of Elementary Schools In Serang. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1142–1151.

Mailani, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika Kelas Rendah Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 204–215.

Melisari, Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Cendekia, 172–182.

Nurfajriyanti, Iriana & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594–2603.

Rohman, A. N., & K., & Mulyadiprana, A. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar tentang Materi Unsur dan Sifat Bangun Datar Sederhana. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 106–118.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalampembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science).

Tarigan, D. dkk. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SDS Salsa Cinta Rakyat. ESJ (Elementary School Journal), 8(4), 242–252.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. BASICEDU, 106–111.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i3.38267

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.