PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH SISWA SEKOLAH DASAR

Nurul Hasanah, Pradana Chairy Azhar

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan media pembelajaran android berbasis model pembelajaran Inkuiri yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development  (R&D) mengacu pada model pengembangan Dick & Carey.  Metode analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD di kecamatan Gebang. Objek penelitian adalah media pembelajaran android yang berorientasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa Sekolah Dasar. Hasil pengembangan diperoleh media yang dikembangkan juga meningkatkan sikap ilmiah siswa dengan nilai rata-rata 89,01 dengan kategori tinggi.

Full Text:

PDF

References


Ajwar, dkk. (2015). Model-Model Pembelajaran Interaktif. Media Pustaka.

Hasanah, N., Lubis, E. (2022). Pengaruh Model Inkuiri terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. 3(2), 44–55.

Hasanah, N., Purba, A., Rajagukguk, K. (2021). The Development of LKPD Multimedia using Problem-Based Learning Model to Improve Critical Thinking Ability of Elementary School Students. 4(3), 6813 –6820.

Hasanah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 1(1), 24–30.

Hasyim, Maylita & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI (Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika), 5(1), 55–64.

Karatas, dkk. (2013). Model Pembelajaran IPA Kreatif. Media Press.

Magdalena, I. dkk. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325.

Manurung, I. F. U. (2021). Penggunaan Mobile Application Berbasis Science Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa PGSD. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 99–108.

Nurfadhillah, Septy, Dara Pertiwi, and D. I. P. (2021). Pengembangan Media Poster Dalam Pembelajaran IPA Kelas IVb SD Negeri Cikokol. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 313–322.

Purba, J. M. dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.

Sara, S. dkk. (2020). Analisis Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 52–61.

Shafa, I., Siregar, Z., Hasanah, N. (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 6(4), 2754–2761.

Sinaga, B. S. M. dkk. (2020). Pengaruh Model Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(2), 124–130.

Sutarningsih, N. L. (2022). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116–123.

Syauki, A. Y. (2019). Model Pembelajaran Inquiry Learning Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai HAM. TULIP (Jurnal STKIP Banten), 8(1), 45 –52.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i3.38605

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.