PENGEMBANGAN BIG BOOK BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT SIMPLE SENTENCE PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Yusrah Yusrah, Nurul Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan Big Book melalui tes pada uji kelompok kecil dan kelompok besar. Big Book ini disusun menggunakan metode RnD Research & Development. Pengambilan data dilakukan di 3 MIN Kabupaten Langkat. Fase penelitian adalah mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Tingkat kelayakan dari validator ahli media diperolah  86.87 ahli design 88.3 ahli materi dan 87.3 ahli bahasa. Hasil uji coba terbatas 71,80. Sedangkan uji coba kelompok besar pada 3 MIN di kabupaten Langkat di peroleh 89.00. Dan Signifikan test sebesar 0,000 < 0,005 dimana Ha diterima.


Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick And Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2), 119–126.

Andvik, E. (2010). Sentence Types And Sentence Moods. Cina: A Grammar of Tshangla.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Astari, N., Pudjawan, & Astara. (2016). Pemanfaatan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Kelompok B2 Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. E Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 476–489.

Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Evendy, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 271–277.

Hasanah, N. (2019a). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Berbasis IT Pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 24–34.

Hasanah, N. (2019b). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu, 1(1), 24–30.

Juhana. (2014). Teaching English to Young Learners: Some Points to be Considered. Asian Journal of Education and e-Learning., 2(1), 2321– 2454.

Kemendikbud. (2010). Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Jakarta : DEPDIKNAS.

Niehues, W., & Alex. (2013). An MT Error-Driven Discriminative Word Lexicon using Sentence Structure Features. Journal of the Eighth Workshop on Statistical Machine Translation, 5(1), 512–520.

Oktavia, J. (2016). Big Book dalam Pembelajaran Reading Comprehension untuk Mengembangkan Critical Reading Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Antologi UPI, 7(2), 1–9.

Qoriah, Y. (2017). he Development Prehistoric of jember Tourism Module using Dick and Carey Model. Jurnal Historica, 1(1), 98–115.

Setyowati, S., Ariyani, Y. D., & Rusiyono, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Nasionalisme Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Trucuk, Bantul. ESJ (Elementary School Journal), 9(3), 248–256.

Sinclair, & McH, J. (2014). The Phrase, The Whole Phrase And Nothing But The Phrase. Amsterdam: Phraseology.

Suyanto, & Hariyanto. (2010). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Rosda.

Trianingrum, E., & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas 3 SD Pada Materi Sejarah Uang Menggunakan Adobe Flash Professional CS6. ESJ (Elementary School Journal), 7(2), 246–257.

USAID. (2014). Buku Sumber untuk Dosen LPTK , Pembelajaran Literasi Awal di LPTK. USAID.

Wijiningsih, N., Wahjoedi, & Sumarmi. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal. Jurnal pendidikan, 2(8), 1030–1036.

Wiyani, S. (2013). Pendidikan Berbasis Karakter. Bandung: Kencana Pustaka.

Zubaedi, M. (2012). Analisis Pembelajaran Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN Cileunyi. 7(5), 19–25.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i4.38609

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 183 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.