PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI BERBASIS MAKANAN TRADISIONAL KHAS DAERAH SUMATERA BARAT

Dina Rahma Wita, Sukmawarti Sukmawarti

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar geometri berbasis makanan tradisional Sumatera Barat yang layak digunakan untuk pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan model pengembangan ADDIE hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang berisi aspek penilaian dengan butir-butir pernyataan dengan kolom penilaian yang diberikan kepada validator, yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli pembelajaran. Dari validasi yang dilakukan oleh validator ahli media didapatkan skor sebesar 89,6.


Full Text:

PDF

References


Darmani, J. W., & Renaldi, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Fieldtrip. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 373–380. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3108

Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., Bila, S., Herdianti, I. A. H., Amelia, T., & Wahidin, W. (2022). EtnoMatematika: Konsep Matematika pada Kue Lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247–256. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1255

Fadillah, A., & Ni’mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(2), 127–131.

Farzy, A. S. (2022). Eksotika Fotografi Makanan Pada Masakan Tradisional Sumatera Barat. Journal of Empirical Studies on Social Science 1(2), 15-29. DOI: https://doi.org/10.53754/civilofficium.v1i2.342

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash Rubhan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Nilasari, N. T., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206–219. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1342

Nisa, K., & Halifah, S. (2021). Temu Baur Budaya dan Matematika : Kue Tradisional Konjo pada Pengenalan Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 445–456. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.936

Rahmadhani, E. (2022). Etnomatematics dan permainan trasdisional dalam pendidikan Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 81–94. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.81-94

Rahmawati., Dyah, F. & Marsigit. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis EtnoMatematika Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pedidikan Matematika. Vol 6(6), 69-76. URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52525

Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 15–26. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/download/768/548/.

Sukmawarti, & Alvariani, N. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bebasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA 6(2), 43-51. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v6i2.1133

Yusnaldi, E., Yusrizal, Y., Fatmawati, F., Yusuf, M., & Iskandar, W. (2021). Hubungan Pancasila Dan Al-Qur’an Dalam Tipologi Filsafat Matematika. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 87–99.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021a). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Metode Visit Home dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 222–229.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021b). The Effect of Project Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7810–7816.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i3.39081

Article Metrics

Abstract view : 245 times
PDF - 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.