MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 106226 PADANG BARU

Robenhart Tamba

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran Time Token di SD Negeri 106226 Padang Baru Kecamatan Dolok Masihol Kabupaten Deliserdang. Subjek penelitian terdiri atas 22 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I terdapat 6 orang siswa yang terampil berbicara (27,27%) dan 16 siswa yang tidak terampil (72,72%), nilai rata-rata kelas 58,95. Pada siklus I pertemuan II, terdapat 13 orang siswa terampil berbicara (59,09%), dan 9 orang siswa tidak (40,90%), nilai rata-rata 69,40. Siklus II pertemuan I terdapat 15 orang siswa terampil berbicara (68,18%)  dan 7 orang siswa tidak terampil berbicara (31,81%), nilai rata-rata 79,18. Siklus II pertemuan II, terdapat 20 orang siswa terampil berbicara (90,09%) dan 2 orang siswa tidak terampil (9,09%), nilai rata-rata kelas 88.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran, Keterampilan Berbicara, Time Token


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i1.3976

Article Metrics

Abstract view : 673 times
PDF - 1043 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.