KEEFEKTIFAN PBL BERBASIS GAMES BERBANTUAN BRAIN MATH PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Model PBL berbasis gamesΒ berbantuan Media Brain Math Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus Gedongsongo Kecamatan Sumowono. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jubelan 01 dan 02. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Penggunaan Model Problem Based Learning Berbasis Games Berbantuan Media Brain Math Puzzle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Hasil uji paired sampel t-test menunjukkan taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05, maka π»π diterima.
Full Text:
PDFReferences
Anjani, K. D., Fatchan, A., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Turnamen dan Games Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1787β1790.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Asriningtyas, A., N., F. K., & Indri, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23β32.
Azizah, M., R., A., Y, & Sofia, B. F. D. (2014). Pengembangan Media Kartu Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 13(4), 407β414.
Ejin, S. (2016). Pengaruh model PBL terhadap pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa IV SDN jambu hilir baluti 2 pada mata pelajaran IPA. Buletin Psikologi, 26(2), 71β85.
https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.30988
Faisal, F., Mailani, E., Ananda, Jelita, L., & Lova, S. M. (2019). Deskripsi Implementasi Penilaian Autentik Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Menjawab Tantangan Abad 21 di Sekolah Dasar Kota Medan. ESJ (Elementary School Journal) PGSD FIP UNIMED, 9(2), 126β132.
Hidayat, R. (2018). Game-Based Learning: Academic Games sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan. Buletin Psikologi, 26(2), 71β85. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.30988
Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547β1554.
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. MUSAMUS Journal of Primary Education, 1(2), 073β082.
Luhsasi, D. I., & Permatasari, C. L. (2020). Trade Game Akuntasi Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 51β59.
Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125β143.
Novitasari. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & matematika, 2(2), 8β18.
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. ., & Giarti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model discovery learning di kelas IV SD. Jurnal basicedu, 3(1), 174β179.
Rafianti, Yani, & Novaliyosi. (2018). Profil Kemampuan Literasi Kuantitatif Calon Guru Matematika. JPPM, 11(1), 63β74.
Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan Kartu Domano ( Domino Matematika Trigono ) Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62β75.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sukirman. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SD Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165β174.
Trianingrum, E., & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas 3 SD Pada Materi Sejarah Uang Menggunakan Adobe Flash Professional CS6. ESJ (Elementary School Journal), 7(2), 246β257.
Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Syntax Idea, 3(8), 1999β2006.
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i4.39844
Article Metrics
Abstract view : 273 timesPDF - 228 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under aΒ Creative Commons Attribution 4.0 International License.