PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR

Khairuna Fadillah, Sukmawarti Sukmawarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari lima tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada penelitian ini diperoleh hasil validasi para ahli materi rata-rata 91,7. Sedangkan validasi para ahli media diperoleh rata-rata 63,5 dan validasi guru kelas IV diperoleh rata-rata 78,8, dari hasil rata-rata tersebut diperoleh bahwa validasi dari para ahli dan guru kelas IV terhadap bahan ajar Matematika dengan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) ini adalah “sangat valid dan praktis”.


Full Text:

PDF

References


Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 422–432.

Darmani, J. W., & Renaldi, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Fieldtrip. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 373–380. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3108

Fadillah, A., & Ni’mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(2), 127–131.

Fauzan Alan, U. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning (Studi Penelitian di SMP Negeri 1 CisurupanKelas VII). Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 68.

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., &

Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188.

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.926

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash Rubhan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Nilasari, N. T., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206–219. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1342

Patih, T., Halistin, H., Sangila, M. S., Agus, I., Dedyerianto, D., Hadi, A. La, Aini, N., Sardin, L. O., & Samrin, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interaktif. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(2), 65–77. https://doi.org/10.31332/atdbwv13i2.2330

Sabaruddin, S. (2019). Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. Lantanida Journal, 7(1), 25. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.3795

Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Terpadu (JPPT), 3(1), 15–26. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/download/768/548/.

Surya, E., Purba, C., Syahputra, E., Haris, D., Mukhtar, & Sinaga, B. (2020). Batak Toba culture on mathematics learning process at Medan high school. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012063

Trisnasari, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Pendekatan CTL Kelas IV SD Tahun 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1(1), 2–13.

Yusnaldi, E., Yusrizal, Y., Fatmawati, F., Yusuf, M., & Iskandar, W. (2021). Hubungan Pancasila Dan Al-Qur’an Dalam Tipologi Filsafat Matematika. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 87–99.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021a). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Metode Visit Home dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 222–229.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021b). The Effect of Project Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7810–7816.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i4.40188

Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF - 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.