EXPLORASI ECOPRINT SEBAGAI PROGRAM PENDIDIKAN SENI RUPA DAN KETERAMPILAN

Fery Setyaningrum, Heni Siswantari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen pendidikan seni rupa dan explorasi ecoprint menjadi salah satu program pendidikan Seni Rupa. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, telaah dokumen. Subyek penelitian mahasiswa semester VII dan dosen Seni Rupa. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data, penarikan kesimpulan. Pada ecoprint teknik warna dengan steaming menggunakan 2 jenis kain yaitu kain utama dan kain blanket (selimut). Mahasiswa belajar cara mentransfer sebuah bentuk dan warna dari daun-daun atau tumbuhan yang berada di kain blanket (selimut) yang sudah diberikan warna.  


Full Text:

PDF

References


Bahari, N. (2017). Kritik Seni. Pustaka pelajar.

Campbell, D. (2017). Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Mangunhardjana.

Fuadi, T. ., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala Yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi

Hikmah, S. (2021). Pemanfaatan Sampah Daun dan Bunga Basah menjadi Kerajinan Ecoprinting. Jurnal Abdidas, 2, 105–113.

Huston, L., & Sakkab, N. (2006). Hubungkan dan kembangkan: di dalam Procter & Gamble yang baru model untuk inovasi.

Ikhsani, N., & Yulistiana. (2020). Penerapan Desain Motif pada Scarf Menggunakan Teknik Eco Printing. Jurnal Tata Busana, 9 (2), 57–64.

Litalien, D., Guay, F., Geoffrion, S., Giguère, C.-É., Fortin, M., Fortin, C., Guay, S., Ducharme, F., Lévesque, L., Caron, C. D., Hanson, E., Magnusson, L., Nolan, J., Nolan, M., Manzo, G., St-onge, S., Renaud,

S., Guérin, G., Plard, M., … Robette, N. (2009). Mix Teknik Ecoprint dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan Dalam Penciptaan Karya

Seni Tekstil. Bifurcations, 45(3), 1–19. http://dx.doi.org/10.1016/j.refiri.2017.07.010%0Ahttp://coop-ist.cirad.fr%0Ahttp://www.theses.fr/2014AIXM5048%0Ahttp://www.cairn.info/revue-management-et-avenir-2010-6-page-84.htm%0Ahttp://www.cairn.info/bifurcations--9782707156006-page-349.htm%0Ahttp://w

Logli, C. (2016). Higher Education in Indonesia: Contemporary challenges in Governance, Access, and Quality. In The Palgrave handbook of Asia Pacific higher education. Palgrave Macmillan.

Margiato, H. (2022). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Antara Peluang dan Tantangan. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/15/094940671/merdeka-belajarkampusmerdekaantara-peluang-dan-tantangan?page=all

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 681–690. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940

Nona, R. V. (2021). Persepsi Dosen Universitas Flores Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 771–780.https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1976

Pamadhi, & Sukardi. (2010). Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka.

Permono, P. . ., Putra, R. B. A., Anggita, G. M., & Nugroho, E. (2021). Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan tentang Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 95–103.

Pohan, Y. F., & Supriharjo, R. . (2013). Pengelolaan Sampah Perumahan Kawasan Pedesaan Berdasarkan Karakteristik Timbulan. Jurnal Teknik Pomitis, 6(1), C37–C42.

Pressinawangi, R. N., & Widiawati, D. (2014). Eksplorasi Teknik Ecoprint Dengan Menggunakan Limbah Besi dan Pewarna Alami Untuk Produk Fashion. 2008, 1–7.

Primayana, K. . (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjamin Mutu, 2, 7–15.

Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Fisip UPN Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 276–279.

Saidi, A. I. (2008). Narasi Simbolik Seni Rupa Kontemporer Indonesia. ISACBOOK.

Sayidah, N., Ady, S. ., Suprijati, J., Winedar, M., Mulyaningtyas, A., & A, A. (2019). Quality and University Governance in Indonesia. International Journal of Higher Education, 8, 10–11.

Setiawan, D. I. (2019). Perkembangan Studi Tata Kelola Seni dan Riset di Aras Global dan Lokal. Jurnal Tata Kelola, 5, 2614–7009.

Sholikhah, R., Widowati, W., & Nurmasitah, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Ibu-Ibu Pkk Di Kelurahan Gunungpati Kota Semarang. Fashion Dan Fashion Education Jurnal, 10(2), 81–85.

Sinaga, O. (2022). Management Model Effectiveness Study. Gondang : Jurnal Seni Budaya, 6(1), 129–135.

Sunarto. (2016). Konsep Seni dalam Estetika Ekspresivisme. Jurnal Refleksi Edukatika, 7 (2), 102–110.

Suti. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi. Jurnal of Economic, Management, and Accounting, 2615–5850.

Taufiq, A., & Maulana, F. M. (2015). Sosialisasi Sampah Organik dan Non Organik serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4 (1), 68–73.

Titis, D., & Saptutyningsih, E. (2019). Pemanfaat Bahan Alam untuk Pengembangan Produk. Warta LPM, 22(1), 18–26.

Widodo, S. . (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka pelajar.

Yaumi, M., & Ibrahim, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) (T. Suhartati & S. F. S. Sirate (eds.); Kedua). Kharisma Putra Utama.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i4.40561

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.