Metode Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Afrini - Rahmi, Asri Wahyuni Sari Sari, Ria Satini, Mirza Adilla, Zolli Novanda, Sovi Vidia Tama

Abstract


Penelitian ini bertujuan menambah wawasan bagi guru terutama guru tingkat dasar tentang penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) pembelajaran berbantuan media gambar untuk melatih kemampuan anak dalam membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 sekolah dasar yang berjumlah 18 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan anak didik sehingga berdampak positif terhadap hasil belajar anak didik, dalam hal ini ditunjukkan bahwa anak sudah mampu mengenal simbol-simbol huruf vokal dan konsonan, mampu menyusun huruf vokal dan konsonan yang diacak menjadi sebuah kata. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Teams Games Tournament berbantuan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak didik di kelas rendah.

Keywords: Teams games tournament, media gambar, kemampuan membaca


Full Text:

PDF

References


Anggraeno, S. W., & Alpian, Y. (2019). Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 181–193. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086.

Chandra, Mayarnimar, & Habibi, M. (2018). Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Model VARK untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2, 72–80. https://doi.org/10.24036/0201821100050-0-00011.

Damaianti, V. S., & Astini, M. (2020). Basic Dimensions of Early Reading Skills of Elementary School Students in Bandung. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(1), 39–46. https://doi.org/10.17977/um048v26i1p39-46.

Dwi L, N. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membeca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278.

Herman, Saleh, S., & Islami, N. M. (2017). Penerapan Media AplikasiEducation Games Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak di Taman Kanak-Kanak. Proceeding of National Seminar.

Khadijah, Pulungan, E. N., Hasriati, R., & Maisarah. (2022). Developing the Educational Game Tool to Improve Reading Ability of Early Childhood. 6(1), 25–35. https://doi.org/: https://doi.org/10.26858/ijole.v6i1.20145.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktisi Disertai dengan Contoh. Rajawali Pers.

Muhammadi, Taufina, & Chandra. (2018). Literasi Membaca untuk Memantapkan Nilai Sosial Siswa SD. Litera, 17(2), 202–212.

Multyaningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Paramita, A. A. A. T. P., & I Gd. Meter. (2013). Penerapan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Bunutin Bangli. Jurnal Mimbar PGSD I, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1441.

Petersan, D. B., Alen, M., & Spencer, T. D. (n.d.). Predicting Reading Difficulty in First Grade Using Dynamic Assesment of Decoding in Early Kindergarten: A Large-Scale Longitudinal Study. Journal of Learning Disabilities, 49(2), 200–215.

Purba, N. (2018). Peningkatan Motivasi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKN dengan Menggunakan Metode Teams Games Tournament di Kelas IV SD Negeri 060829 ¬¬¬Medan Amplas. ESJ PGSD Unimed, 8(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10346.

Shoimin, A. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Silalahi, W. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) pada Siswa Kelas IV SD NEGERI 106815. ESJ PGSD Unimed, 7(4). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i4.10319.

Slavin, E. R. (2014). Membaca Membuka Pintu Dunia Program Success for All Model yang Jelas dan Kuat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar: Edisi Kedua. Pustaka Pelajar.

Snowling, Margareth. J. (n.d.). Early identification and intervention for dyslexia: A contemporary view: Vol. 13 · Number 1 · 2013 7–14. Journal of Research in Special Educational Needs.

Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Refika Aditama.

Suryati, W. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournamament (TGT) pada Siswa Kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo TImur. ESJ PGSD Unimed, 8(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10376.

Sutrisna, G. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan Media Kartu Kata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal Education of Action Research, 1(2), 160–174. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12048.

Yaqiong, K., Lijie, W., & Yanan, K. (2021). The Effort of Parent-Child Reading Activity in Chinese Traditional Family Education: A Practical Study in a Primary School of Shenzhen. International Journal of Asian Education, 3(1). https://doi.org/10.46966/ijae.v3i1.258.

Zubaidah, E. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.40686

Article Metrics

Abstract view : 378 times
PDF - 450 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot