Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri, Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PAUD Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Inklusif

Herayanti Herayanti, Rosmala Dewi, Benyamin Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) menguji apakah budaya organisasi dan efikasi diri berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja guru PAUD Inklusif (2) apakah budaya organisasi dan efikasi diri berpengaruh langsung terhadap motivasi kerja guru PAUD Inklusif (3) apakah budaya organisasi, efikasi diri, kepuasan kerja dan motivasi kinerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru PAUD Inklusif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan ex post facto, populasi 152 orang, sampel 110 orang, teknik proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin pada taraf kesalahan 5%, teknik pengumpulan data kuesioner skala likert dan teknik pengolahan data analisis jalur. Temuan penelitian secara parsial diperoleh pengaruh langsung (1) budaya organisasi terhadap kepuasan kerja sebesar 0,410; (2) efikasi diri terhadap kepuasan kerja sebesar 0,095; (3) budaya organisasi terhadap motivasi kerja sebesar 0,349; (4) efikasi diri terhadap motivasi kerja sebesar 0,394; (5) budaya organisasi terhadap kinerja guru sebesar 0,226; (6) efikasi diri terhadap kinerja sebesar 0,177; (7) kepuasan kerja terhadap kinerja sebesar 0,240; (8) motivasi kerja terhadap kinerja sebesar 0,243.

Keywords: Budaya, efikasi, kepuasan, motivasi, kinerja, guru PAUD Inklusif

 


Full Text:

PDF

References


Ansori, R. A. M. (2017). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka, 4(2), 14–32. https://doi.org/10.35897/ps.v4i2.84.

Batubara, A. K., & Firdaunsyah, D. (2020). engembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mataa Kuliah Pendidikan Seni Musik Di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Stkip Pgri Lubuklinggau. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 156–164. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i3.19884.

Elsa Desmaniati, R. F. (2019). Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Flipped Classroom Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Padang. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.15548/mej.v3i1.231.

Farizka, F., Yogica, R., & Fuadiyah, S. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Android Pada Materi Pembelajaran Sistem Gerak Manusia Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 1058–1065. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/132.

Ferdiansyah, H., Haling, A., & Nurhikmah, H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Indonesian Journal Of Learning Education and Counseling, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.879.

Firmansyah, Purwati, Siregar, N. N., & Irnandi, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Terintegrasi Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 143–155. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2211.

Naniek, S. (2015). Pengembangan Nilai-Nilai Sekolah Berkakter. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 12–22. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p12-22.

Niis, R. U., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Tema Ekosistem untuk Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 458–462.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894–908. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172.

Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 109–118. http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i1.4071.

Selfia, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Kontekstual Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Siswa SD/MI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Septian, I. (2019). Pengembangan LKPD Terintegrasi Nilai-nilai Islam Kelas III SD/MI pada Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Doctoral dissertation:UIN Raden Intan Lampung).

Syarah, N. S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. ESJ (Elementary School Journal), 12(2), 181–187. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i2.34267.

Tarigan, R. (2018). Pengaruh Model Pemecahan Masalah dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Pencernaan Makanan Makanan Siswa Di SDN 060856 Medan. ESJ (Elementary School Journal), 8(2), 1–11. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10344.

Wardani, D. A., & Mitarlis. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi. UNESA Journal Of Chemical Education, 7(2), 123–128. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p280-289.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.40888

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot