Nilai-Nilai Keislaman Pada Lembar Kerja Peserta Didik Sekolah Dasar Subtema Manusia Dan Lingkungan

Lilis Suryani, Magfirah Alang, Nuryani Nuryani

Abstract


Penelitian ini menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik yang berisikan nilai-nilai keislaman seperti nilai kesucian dalam bentuk menjaga kebersihan lingkungan dan memelihara lingkungannya dari berbagai sampah dalam rangka mewujudkan kehidupan sehat dan nyaman. Kemudian penerapan nilai-nilai moral diwujudkan dalam bentuk perilaku seperti berbuat baik terhadap tumbuhan, menghemat Sumber Daya Alam, menghemat energi, serta tidak merusak alam. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development dengan model 4-D. Instrumen yang digunakan adalah instrumen wawancara guru, angket peserta didik, angket validasi produk, serta angket respon siswa. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. LKPD yang dibuat kemudian divalidasi oleh ahli. Hasil angket analisis kebutuhan menunjukkan: 1) 67% siswa mengalami kesulitan memahami subtema Manusia dan Lingkungan, 2) 80% siswa menyukai sampul buku berwarna dan bergambar, 3) 80% siswa menyukai buku yang tampilan isinya disertai gambar ketika mereka belajar, 4) 10 siswa memilih menyukai soal essay, 2 orang siswa menyukai soal mencocokkan, 10 orang menyukai pilihan ganda serta sisanya atau 5 orang siswa menyukai bentuk soal isian. Selanjutnya hasil validasi ahli diantaranya pada aspek bahasa dengan persentase 85% (valid), aspek materi dengan persentase 90% (valid), dan aspek desain dengan persentase 72,5% (Cukup Valid). Sedangkan hasil praktikalitas rata-rata 91,37% pada tingkat praktikalitas sangat praktis.

Keywords: LKPD, Kontekstual, Nilai Keislaman


Full Text:

PDF

References


Andromeda, Fadhillah. 2020. “Validitas Dan Praktikalitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA / MA.” JEP 4, No.2 (November).

ARTIANI, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Berbasis Picture (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Doni Tri Putra Yanto. n.d. “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik.” Inovasi Vokasional Dan Teknologi 19, No. 1: 80.

Elsa Desmaniati, R. F. n.d. “Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Flipped Classroom Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Padang.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 3 No. 1 (2 (1–12).

Farizka, F., Yogica, R., & Fuadiyah, S. (2021, October). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Android Pada Materi Pembelajaran Sistem Gerak Manusia Kelas XI SMA. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 1, No. 1, pp. 1058-1065).

Fitriza, Rozi, Mezi Szah Putra, and Duski Samad. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berwawasan Al-Qur’an Dan Budaya Minangkabau Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9 (4): 1159. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3212.

Khidir, Musa. 2018. Nilai-Nilai Edukasi Dalam Kisah.

Musbihin, M. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Materi Pokok Himpunan Dengan Soal-Soal Berbasis Berpikir Kritis Matematis Untuk Mts/SMP Skripsi.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Alamat: 59: 24.

Neniek, Sulistya Wardani. 2015. “Pengembangan Nilai-Nilai Sekolah Berkakter.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Vol.5, No.

Niis, R. U., & Hakim, A. R. (2021, November). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Tema Ekosistem untuk Kelas V SD. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 5, No. 1, pp. 458-462).

Rosada, Siti, Retno Triwoelandari, and Irfan Supriatna. 2019. “Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa Terintegrasi Nilai Agama Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin.” Al-TA’DIB 12 (1): 134. https://doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1323.

Selfia, Mega. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Kontekstual Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Siswa Sd/Mi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.

Setianingsih, Rita. 2020. “Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan Lampung 1441 h / 2020.”

Septiana, I. (2019). Pengembangan LKPD Terintegrasi Nilai-nilai Islam Kelas III SD/MI pada Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Siagian, G. 2021. “Pengembangan LKS Tematik Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu Vol.5, No. (ISSN 2580-3735): 1683–88. https://doi.org/https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Syani, Rara Salsabila, Fatwa Tentama, Ahmad M Diponegoro, Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, and Universitas Ahmad. 2021. “Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Skala Kepuasan Kerja Guru.” Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi 10 (2): 91–99.

Syarah, N. S. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar.

Wahyuni, Y Yulia Septi. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dan Terintegrasi Nilai Islam Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Kota Pekanbaru. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41325

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.