Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert Untuk Mengukur Sikap Disiplin Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk penilaian sikap disiplin yang telah diuji kelayakannya. Penelitian ini menggunakan R&D dengan model ADDIE. Uji coba instrumen dilakukan pada tiga puluh siswa kelas VI di MI Ma’arif Bego Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan instrumen sikap disipin layak digunakan berdasarkan perhitungan validitas isi dan Rash Model. Hasil validasi ahli evaluasi sebesar 19,25% dikategorikan validitas tinggi. Hasil validasi ahli bahasa sebesar 18,5% dan ahli sikap 18,75% juga dikategorikan tinggi. Hasil data uji coba instrumen penilaian sikap disiplin selanjutnya dianalisis dengan Rash Model Winsteps. Hasil OUTFIT MNSQ menunjukan 4 butir item yang tidak cocok yaitu (item nomor 15, 19, 8, 14). Hasil PT MEASURE CORR terdapat 2 butir yang tidak cocok yaitu item 3 dan 8. Hasil OUTFIT ZSTD menunjukan 1 butir yang tidak cocok yaitu item 15. Adapun tingkat kesukaran item dinyatakan bagus karena nilai measure berada pada rentang (-2 < Measure < 2). Sedangkan reliabilitas dari segi item menunjukan sebesar 0,82 berada pada kategori sangat tinggi dan person reliability 0,67 menunjukan reliabilitas tinggi. Hal ini berarti kualitas butir pernyataan instrumen sikap disiplin menggunakan Skala Likert reliabilitasnya sangat tinggi.
Keywords: Instrumen Sikap Disiplin, Madrasah Ibtidaiyah, Pengembangan, Skala Likert.
Full Text:
PDFReferences
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika, dan Kompulasi, 15 (1), 64-74. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425
Anggraini, A. A. D., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf dan Angka Dengan Model ADDIE. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9 (4), 426-432.
Arifin, R. W., Septanto, H., & Wignyowiyoto, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Menggunakan Model ADDIE Dalam Kegiatan Pembelajaran Blended Leraning. Informatika Management For Educators And Professionals, 2 (2), 179-188.
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2 (4), 455-461.
Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model ADDIE Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olahraga, 5 (2), 12-18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934
Dessiane, S. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesai, 6 (1), 2200-2211. http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2310
Fitria, N., Faizal, N., Irawan, E., Nurdin, A., & Rosidah, A. (2022). Rasch Model Analysis Of The Social Prejudice Scale. Jurnal Konseling Gusjigang, 8 (2), 150-158. https://doi.org/10.24176/jkg.v8i2.7501
Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal Of Education Research and Evaluation, 6 (1), 63-70.
Hadiati, S., Anita, & Pramuda, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Pada Asisten Praktikum Laboratorium Fisika. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 13 (2), 35-39. https://doi.org/10.37729/radiasi.v13i2.263
Hairun, Y. (2020). Evaluasi dan Penilaian Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Hidayah, M. D., & Ruhiat, Y. (2022). Pembelajaran Ciri Khusus Makhluk Hidup Pada Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar Dengan Media Prezi Video. ESJ: Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 12 (2), 148-153. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i2.34856
Kuntoro, B. T., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6 (2), 163-175.
Kurniawati, D., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (3), 640-648. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.387
Molin, F., Bruin, A. D., & Haelermans, C. (2022). A Conceptual Framework To Understand Learning Through Formative Assesment With Student Response System: The Role Of Prompts And Diagnostic Cues. Social Sciences & Humanities Open, 6, 1-9. Molin, Francois and de Bruin, Anique and Haelermans, Carla, A Conceptual Framework to Understand Learning Through Formative Assessments with Student Response Systems the Role of Prompts and Diagnostic Cues (2021). Available at SSRN: http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3926080
Mukhlis, M., & Tohir, M. (2019). Instrumen Pengukur Creativity And Innovation Skill Siswa Sekolah Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal Of Mathematics and Natural Science Education, 1 (1), 65-73. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.1.
Multyaningsih, E., & Nuryanto, A. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Musbikin, I., & Rizal. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Bandung: Nusamedia.
Pradana, F. A. P. & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert Dalam Pembelajaran Tematik Kelas VI SD. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (1), 13-29. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1090
Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. ESJ: Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 13 (1), 9-15. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas E-Modul Matematika Berbasis EFUB3 Menggunakan Analisis Rasch Model. Jurnal Gantang, 5 (2), 95-112. https://doi.org/10.24036/jppf.v7i1.111794
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 Teori dan Praktik. Pasuruan: Lembaga Academic dan Research Institite.
Rifky, & Asri Hardini, T. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 3055-3061. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1164
Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22 (2), 231-242. http://dx.doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885
Sarnoto, A. Z., & Andini, D. (2017). Sikap Sosial dalam Kurikulum 2013. Madani Institute, 6 (1), 59-70. 10.53976/jmi.v6i1.277
Schellekens, L. H., Bok, H. G. J., De Jong, L. H., Schaaf, M. F. V., Kremer, W. D. J., & Vleuten, C. P. M. V. D. (2021). A Scoping Review On The Nations Of Assesment As Learning (Aal), Assesment For Leraning (AFL), And Assesment Of Learning (AoL). Studies In Education Evaluation, 71, 1-15. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101094
Subando, J. (2019). Validitas dan Reliabilitas Instrument Non Tes. Jawa Tengah: Penerbit Laikeisha.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15 (2), 277-286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 11 (1), 21-30. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905
Vries, J. A., Dimosthenous, A., Schildkamp, K., & Visscher, A. J. (2022). The Impact On Student Archiement For Leraning Teacher Professional Developmnet Program. Studies In Education Evaluation, 74, 1-10. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101184
Widhaningsih, L. & Mawardi. (2021). Instrumen Penilaian untuk Mengukur Sikap Kedisplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4 (3), 467-474. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.34931
Widoyoko, S. E. P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari, I. A., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9 (1), 10-18. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.1113
Yang, A. C. M., Chen, I. Y. L., Flanagan, B., & Ogata, H. (2022). How Student Self-Assesment Behavior Affect Their Online Leraning Performance. Computers And Educatioan: Artificial Intelligence, 3, 1-8. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100058
Yusrah, & Hasanah, N. (2022). Pengembangan Big Book Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Simple Sentence Pada Siswa Sekolah Dasar. ESJ: Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 12. (4), 323-331. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i4.38609
Yustiana, S., & Ulia, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Berbasis Pembelajaran Kontekstual. Profesi Pendidikan Dasar, 6 (2), 179-188. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.8998
Zaini, M. A. Y. M., & Othman, N. (2016). Pengujian Kebolehpercayaan Intrumen Sikap dan Persepsi Terhadap Akademik dan Sahsiah: Pengaplikasiaan Model Rasch. Humanikaa, 8 (2), 27-37. https://doi.org/10.11113/sh.v8n2.735
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.42178
Article Metrics
Abstract view : 910 timesPDF - 946 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.