Edukasi Manajemen Waktu Oleh Kepala Sekolah Sebagai Penguatan Karakter Disiplin Waktu Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana edukasi manajemen waktu oleh Kepala Sekolah sebagai penguatan karakter disiplin waktu siswa kelas V di SD Inpres Lili. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dengan mewawancarai 1 orang kepala sekolah dan 4 orang peserta didik kelas V. Data dianalisis berdasarkan indikator manajemen waktu dan dideskripsikan secara bermakna. Hasil Penelitian ditemukan bahwa Kepala Sekolah telah melaksanakan aktifitas edukasi manajemen waktu sesuai dengan indikator manajemen waktu dengan baik secara rutin bagi peserta didik kelas V yang menambah pengetahuan pedagogis dalam penguatan karakter disiplin waktunya.
Keywords: Manajemen Waktu, Kepala Sekolah, Karakter, Disiplin Waktu.
Full Text:
PDFReferences
Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pelatihan Membuat Daftar Isi Dan Daftar Pustaka Dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng. NGAYAH: Jurnal Majalah Aplikasi Ipteks, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.15540
Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Journal of Education Science, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.3314/JES.V5I2.467
Dufrisella, A. A., & Utami, E. S. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur di BEI). JRAMB: Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 50–64. https://dx.doi.org/10.26486/jramb.v6i1.1195
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teoritis Dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 27(3), 283–294. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Harlina, A. P., Suharso, & Hartati, M. T. S. (2014). Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Kontrak Perilaku. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 1–8.
Hidayah, R., Ridwan, A., & Cahyo, Y. (2018). Analisa Perbandingan Manajemen Waktu Antara Perencanaan dan Pelaksanaan. JURMATEKS: Jurnal Manajemen Teknologi Dan Teknik Sipil, 1(2), 281–290. http://dx.doi.org/10.30737/jurmateks.v1i2.416
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research And Development Journal Of Education, 4(2), 86–97. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Kiswati, S., & Chasanah, U. (2019). Nalisis Konsultan Manajemen Konstruksi Terhadap Penerapan Manajemen Waktu Pada Pembangunan Rumah Sakit di Jawa Tengah. Jurnal NeoTeknika, 5(1), 1–7. https://dx.doi.org/10.37760/neoteknika.v5i1.1367
Minarto, W. Y. (2018). Hubungan Kesiapan Belajar, Manajemen Waktu, Kecemasan Dalam Mengerjakan Tes, Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Siswa SMK. Jurnal Teknologi, Kejujuran Dan Pengajarannya, 41(1), 37–44. http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i12018p037
Muhartini, Hitami, M., & Yusuf, K. M. (2022). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Mengajar Perspektif Al-Qur’an di SMP Negeri 4 Peranap. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 341–350. https://dx.doi.org/10.29303/jipp.v6i2.203
Nurkholis, A., Susanto, E. R., & Wijaya, S. (2021). Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik. J-SAKTI: Jurnal Sains Komputer Dan Informatika, 5(1), 124–134. https://doi.org/10.30645/J-SAKTI.V5I1.304
Nuzulina, Azhar, & Burhanud, D. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Disiplin Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Kepemimpinan Dan Kepengurusan Sekolah, 7(2), 200–209. http://dx.doi.org/10.34125/kp.v7i2.732
Pangestu, K., & Nuraini, N. L. S. (2020). Kesiapan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri. ESJPGSD: Elementary School Journal, 10(2), 40–47. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V10I2.20890
Romy, E., Gultom, S., & Mudjisusatyo, Y. (2021). Budaya Organisasi, Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Bahasa Mandarin Sd Di Kota Medan. ESJPGSD: Elementary School Journal, 11(3), 284–289. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.24927
Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(2), 173–190. https://dx.doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Saadah, M., Rahmayati, G. T., Saely, E., & Shaleh. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Manajemen Konflik Sebagai Upaya Mewujudkan Kinerja Teamwork di MI NU II Pontianak. Jurnal Kepemimpinan Dan Kepengurusan Sekolah, 7(4), 453–459. http://dx.doi.org/10.34125/kp.v7i4.863
Sari, I. K. (2019). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Salatiga 05 Terhadap Nilai Raport. JPPGuseda: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 53–56. http://dx.doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1445
Sefle, S., & Reba, Y. A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Dan Kepribadian Terhadap Persistensi Guru SD Negeri Se-Distrik Aimas Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. ESJPGSD: Elementary School Journal, 10(2), 76–85. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V10I2.20897
Siregar, A. C., & Iffiginia. (2019). Penggunaan Critical Path Method (CPM) Untuk Evaluasi Waktu dan Biaya Pelaksanaan Proyek. TEKNIKA: Jurnal Sains Dan Teknologi, 15(2), 102–111. http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v15i2.6816
Surur, A. M., & Nadhirin, A. U. (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94. http://dx.doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.339
Suyudi, M., & Wathon, N. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Siswa. Qalamuna: JurnalPendidikan,Sosial,DanAgama, 12(2), 195–205. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.563
Trivana, L., & Manambangtua, A. P. (2017). Section Articles Optimalisasi Waktu Pengomposan Pupuk Kandang dari Kotoran Kambing dan Debu Sabut Kelapa dengan Bioaktivator EM4. Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan, 9(1), 16–24.
Wahidaty, H. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1880–1889. http://dx.doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1015
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. Jurnal Guru Kita, 4(3), 51–58. https://doi.org/10.24114/JGK.V4I3.194
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.43579
Article Metrics
Abstract view : 241 timesPDF - 279 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.