Edukasi Manajemen Waktu Oleh Kepala Sekolah Sebagai Penguatan Karakter Disiplin Waktu Siswa

Yakobus Adi Saingo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana edukasi manajemen waktu oleh Kepala Sekolah sebagai penguatan karakter disiplin waktu siswa kelas V di SD Inpres Lili. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dengan mewawancarai 1 orang kepala sekolah dan 4 orang peserta didik kelas V. Data dianalisis berdasarkan indikator manajemen waktu dan dideskripsikan secara bermakna. Hasil Penelitian ditemukan bahwa Kepala Sekolah telah melaksanakan aktifitas edukasi manajemen waktu sesuai dengan indikator manajemen waktu dengan baik secara rutin bagi peserta didik kelas V yang menambah pengetahuan pedagogis dalam penguatan karakter disiplin waktunya.

Keywords: Manajemen Waktu, Kepala Sekolah, Karakter, Disiplin Waktu.


Full Text:

PDF

References


Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pelatihan Membuat Daftar Isi Dan Daftar Pustaka Dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng. NGAYAH: Jurnal Majalah Aplikasi Ipteks, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.15540

Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Journal of Education Science, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.3314/JES.V5I2.467

Dufrisella, A. A., & Utami, E. S. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur di BEI). JRAMB: Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 50–64. https://dx.doi.org/10.26486/jramb.v6i1.1195

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teoritis Dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 27(3), 283–294. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10

Harlina, A. P., Suharso, & Hartati, M. T. S. (2014). Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Kontrak Perilaku. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 1–8.

Hidayah, R., Ridwan, A., & Cahyo, Y. (2018). Analisa Perbandingan Manajemen Waktu Antara Perencanaan dan Pelaksanaan. JURMATEKS: Jurnal Manajemen Teknologi Dan Teknik Sipil, 1(2), 281–290. http://dx.doi.org/10.30737/jurmateks.v1i2.416

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research And Development Journal Of Education, 4(2), 86–97. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Kiswati, S., & Chasanah, U. (2019). Nalisis Konsultan Manajemen Konstruksi Terhadap Penerapan Manajemen Waktu Pada Pembangunan Rumah Sakit di Jawa Tengah. Jurnal NeoTeknika, 5(1), 1–7. https://dx.doi.org/10.37760/neoteknika.v5i1.1367

Minarto, W. Y. (2018). Hubungan Kesiapan Belajar, Manajemen Waktu, Kecemasan Dalam Mengerjakan Tes, Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Siswa SMK. Jurnal Teknologi, Kejujuran Dan Pengajarannya, 41(1), 37–44. http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i12018p037

Muhartini, Hitami, M., & Yusuf, K. M. (2022). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Mengajar Perspektif Al-Qur’an di SMP Negeri 4 Peranap. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 341–350. https://dx.doi.org/10.29303/jipp.v6i2.203

Nurkholis, A., Susanto, E. R., & Wijaya, S. (2021). Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik. J-SAKTI: Jurnal Sains Komputer Dan Informatika, 5(1), 124–134. https://doi.org/10.30645/J-SAKTI.V5I1.304

Nuzulina, Azhar, & Burhanud, D. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Disiplin Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Kepemimpinan Dan Kepengurusan Sekolah, 7(2), 200–209. http://dx.doi.org/10.34125/kp.v7i2.732

Pangestu, K., & Nuraini, N. L. S. (2020). Kesiapan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri. ESJPGSD: Elementary School Journal, 10(2), 40–47. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V10I2.20890

Romy, E., Gultom, S., & Mudjisusatyo, Y. (2021). Budaya Organisasi, Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Bahasa Mandarin Sd Di Kota Medan. ESJPGSD: Elementary School Journal, 11(3), 284–289. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.24927

Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(2), 173–190. https://dx.doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Saadah, M., Rahmayati, G. T., Saely, E., & Shaleh. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Manajemen Konflik Sebagai Upaya Mewujudkan Kinerja Teamwork di MI NU II Pontianak. Jurnal Kepemimpinan Dan Kepengurusan Sekolah, 7(4), 453–459. http://dx.doi.org/10.34125/kp.v7i4.863

Sari, I. K. (2019). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Salatiga 05 Terhadap Nilai Raport. JPPGuseda: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 53–56. http://dx.doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1445

Sefle, S., & Reba, Y. A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Dan Kepribadian Terhadap Persistensi Guru SD Negeri Se-Distrik Aimas Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. ESJPGSD: Elementary School Journal, 10(2), 76–85. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V10I2.20897

Siregar, A. C., & Iffiginia. (2019). Penggunaan Critical Path Method (CPM) Untuk Evaluasi Waktu dan Biaya Pelaksanaan Proyek. TEKNIKA: Jurnal Sains Dan Teknologi, 15(2), 102–111. http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v15i2.6816

Surur, A. M., & Nadhirin, A. U. (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94. http://dx.doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.339

Suyudi, M., & Wathon, N. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Siswa. Qalamuna: JurnalPendidikan,Sosial,DanAgama, 12(2), 195–205. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.563

Trivana, L., & Manambangtua, A. P. (2017). Section Articles Optimalisasi Waktu Pengomposan Pupuk Kandang dari Kotoran Kambing dan Debu Sabut Kelapa dengan Bioaktivator EM4. Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan, 9(1), 16–24.

Wahidaty, H. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1880–1889. http://dx.doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1015

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. Jurnal Guru Kita, 4(3), 51–58. https://doi.org/10.24114/JGK.V4I3.194




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.43579

Article Metrics

Abstract view : 159 times
PDF - 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.