Penggunaan Kertas Lipat Untuk Mendukung Pemahaman Siswa Pada Pembagian Pecahan

Sabina Ndiung, Fransiska Ayu Iprati

Abstract


Pengajaran operasi hitung pecahan hingga saat ini menjadi kesulitan tersendiri bagi guru khususnya pada pengajaran awal operasi hitung pembagian pecahan, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika melalui penggunaan Media Kertas Lipat dalam pembelajaran Operasi Hitung Pembagian Pecahan di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode Pretest-postest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V SDK Benteng Wake yang berjumlah 46 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri atas 5 butir soal uraian dengan koefisien reliabilitas 0,81. Teknik analisis data menggunakan Uji t independen dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Kertas Lipat dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar Matematika siswa pada materi Pembagian Pecahan. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar dalam membelajarkan materi operasi hitung pecahan perlu menggunakan Media Kertas Lipat agar peserta didik mudah memahami konsep yang dipelajari sehingga materi yang dipelajari dapat tersimpan dalam memori jangka panjang dan peserta didik menunjukkan rasa senang mengikuti pelajaran Matematika.

Keywords: Hasil belajar, kertas lipat, matematika


Full Text:

PDF

References


Amir, Z. (2015). Mengungkap Seni Bermatematika Dalam Pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1364

Ardana, I. M., Wisna Ariawan, I. P., & Hendra Divayana, D. G. (2017). Measuring the Effectiveness of BLCS Model (Bruner, Local Culture, Scaffolding) in Mathematics Teaching by using Expert System-Based CSE-UCLA. International Journal of Education and Management Engineering, 7(4), 1–12. https://doi.org/10.5815/ijeme.2017.04.01

Arintasari, I. Z., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Keefektifan Media Roda Pecahan Berbantu Model Realistic Mathematic Education (RME) pada Mata Pelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(4), 366. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21308

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2

Maulidina, A. P. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Ndiung, S. (2019). Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability. 12(3), 731–744.

Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I., & Marhaeni, A. (2019). Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability. International Journal of Insruction, 12(3), 731–744. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12344a

Ndiung, S., Helmon, A., & Nendi, F. (2021). Increasing Learning Activeness and Outcomes in Fractions Multiplication among the Fifth Graders of Elementary Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Perkalian Pecahan Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnla ELementary, 7(1). https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i1.3049

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran Volume, 10(June), 94–111. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Ndiung, S., & Nendi, F. (2018). Mathematics Connection Ability and Students Mathematics Learning Achievement at Elementary School. SHS Web of Conferences, 42, 00009. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200009

Ndiung, S., Sariyasa, Jehadus, E., & Apsari, R. A. (2021). The effect of treffinger creative learning model with the use rme principles on creative thinking skill and mathematics learning outcome. International Journal of Instruction, 14(2), 873–888. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14249a

Nuraini, N. L. S., Suhartono, S., & Yuniawantika, Y. (2016). Kesalahan Siswa Pada Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas Vi Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 168–175. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p168

Pajarwati, A., Pranata, O. H., & Ganda, N. (2019). Penggunaan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Membandingkan Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 90–100.

Patnership for 21st Century Skills. (2011). 21st Century Skills Map. Patnership for 21st Century Skills.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65–76.

Sennen, E., Ndiung, S., & Supardi, K. (2016).

Analisis kesalahan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang terkategori sulit pada UASBN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(2), 253–268.

Setianingsih, R., Sa’dijah, C., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2017). Investigating Fifth- Grade Students ’ Construction of Mathematical Knowledge through Classroom Discussion. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(4), 383–396.

Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473

Simalango, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA taun 2012 level 4, 5, dan 6 di SMPN 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58.

St. Hasmiah Mustamin. (2018). Penggunaan alat Peraga dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 170–182.

Subarinah, S. (2008). Inovasi pembelajaran matematika sekolah dasar (p. 3). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sudarman, S. W. (2017). Analisis Problematika Pendidikan Matematika Berupa Soal Cerita Pada Siswa Sd. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 161. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.670

Suryowati, E. (2015). Kesalahan siswa sekolah dasar dalam merepresentasikan pecahan pada garis bilangan. Aksioma, 4(1), 38–52. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.67

Sze Yeng, F., & Hussain, R. M. R. (2010). Self-directed learning in a socioconstructivist learning environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 1913–1917.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.423




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i3.43806

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.