Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Bunga Aulia, Sorta Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan gaya belajar siswa kelas III di SDN 010096 Karang Anyer berdasarkan analisis secara individual siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu 21 siswa kelas III dan 1 guru kelas III. Objek dari penelitian ini yaitu gaya belajar siswa kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari 21 siswa di kelas III terdapat 24% siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual, 19% siswa dengan kecenderungan gaya belajar auditori, 57% siswa dengan kecenderungan gaya belajar kombinasi. Berdasarkan hasil temuan tersebut, disarankan kepada guru agar menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang lebih variatif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan guna menambah semangat dan antusias para siswa sehingga guru tidak lagi kesulitan mengkondusifkan siswa di kelas dan siswa juga mampu memahami pembelajaran dengan baik sesuai manfaat yang ingin dicapai pada penelitian ini.

Keywords: Gaya belajar, sekolah dasar


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z. (2021). Metoe Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

A'yun, Q. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas XI MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Deporter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Dewi, R. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Organisasi Pelajaran PKN Melalui Pendekatan Pembelajaran PAKEM untuk Kels III SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 8(2), 41-59. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10347.

Ditjen Paud, D. d. (2021, Juni 20). Kebijakan PTM Terbatas Menyambut Tahun ajaran Baru 2021/2022. Retrieved from ditpsd.kemdikbud.go.id: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/07/Kebijakan-PTM-Terbatas-Menyambut-Tahun-Ajaran-Baru-2021-2022.pdf

Ditjen Paud, D. d. (2021, Juni 20). Kebijakan PTM Terbatas Menyambut Tahun Ajaran Baru 2021/2022. Retrieved from ditpsd.kemdikbud.go.id: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/siap-memasuki-tahun-ajaran-baru-ini-ketentuan-ptm-100

Ditjen Paud, D. d. (2022, Juli 19). Siap Memasuki Tahun Ajaran Baru. Ini Ketentuan PTM 100%. Retrieved from ditpsd.kemdikbud.go.id: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/siap-memasuki-tahun-ajaran-baru-ini-ketentuan-ptm-100

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV Kaaffah Learning Center.

Fajriani, N. (2022). Identifikasi Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 037 Tarakan. Tarakan: Universitas Borneo Tarakan.

Fatmawati, & Yusrizal. (2021). Pengaruh Media Berbasis Alam dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Era Pandemi Covid-19. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 11(3), 275-283.

Ghufron, M. N., & Risnawita, S, R. (2012). Gaya Belajar (Kajian Teoritik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardani, d. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Hasanah, R. Z. (2021). Gaya Belajar (Learning Style). Batu: Literasi Nusantara.

Hidayah, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Kementerian Pendidikan, K. R. (2022, Mei 11). SKB 4 Menteri Terbaru Atur Pembelajaran Tatap Muka Seratus Persen. Retrieved from kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/05/skb-4-menteri-terbaru-atur-pembelajaran-tatap-muka-seratus-persen

Kementrian Pendidikan, K. R. (2020, Maret 24). SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9). Retrieved from pusdiklat.kemdikbud.go.id: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

kementrian Pendidikan, K. R. (2021, Juni 20). Kebijakan PTM Terbatas Menyambut Tahun ajaran baru 2021/2022. Kebijakan PTM Terbatas Menyambut Tahun ajaran baru 2021/2022. ditpsd.kemdikbud.go.id.

Machmud, M. (2016). Tuntutan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Penerbit Selaras.

Magdalena, I., & Afifah, A. N. (2020). Identifikasi gaya Belajar Siswa (Visua, Auditorial, Kinestetik). Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1-8.

Milala, K. B. (2020). Hubungan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 101799 Delitua Tahun Ajaran 2019/2020. Medan: Universitas Quality.

Milala, K. N. (2020). Hubungan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 101799 Delitua Tahun Ajaran 2019/2020. Delitua: Universitas Quality.

Milala, K. N. (2020). Hubungan Gaya BelajarSiswa dengan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 101799 Delitua Tahun Ajaran 2019/2020. Medan: Universitas Quality.

Milfayetty, S., Yus, A., Nuraini, Rahmulyani, & Hutasuhut, E. (2018). Psikologi Pendidikan. Medan: PPs Unimed.

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.

Mustafida, F. (2013). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 77-95. https://doi.org/10.18860/jt.v6i1.3291.

Mustafida, F. (2013). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6 (1), 77-96.

Pradono, d. (2018). Pradono, dkk. (2018). Laporan Penelitian dan Pelaporan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Putri, D. F. (2022). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Menurut Teori Jean Piaget. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

R, A. (2010). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit.

Simanjuntak, S., Sihombing, R. M., & Karo-Karo, D. (2022). Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 12(2), 128-135. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i2.38396.

Siregar, L. H., Lubis, R., Siregar, E. Y., & Zebua, A. (2022). Analisis Penerapan Teknologi Informasi dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 79-86.

Sit, M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(1), 1-10.

Wahyuni, S. (2020). Analisis Gaya Belajar Murid Kelas IV di SDN Bette Kabupaten Barru. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wibowo, D. R. (2020). Problematika Guru SD dalam Pembelajaran IPS Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 167-176. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.7538.

Wiedarti, P. (2018). Seri Manual GLS "Pentingnya Memahami Gaya Belajar". Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).

Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846-1851.

Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Krakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1846-1851.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i3.45047

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.