Kompetensi Pedagogik Di Era Society 5.0: Sebuah Tinjauan Dalam Perspektif Pedagogik Kritis

Sindi Ladya Baharizqi, Tatang Muhtar, Yusuf Tri Herlambang, Fazrul Prasetya Nur Fahrozy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana Kompetensi Pedagodik di era society 5.0: Sebuah tinjauan dalam perspektif Pedagogik Kritis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat studi literatur (library research). Tujuan dari penulisan artikel ini mengkaji mengenai pedagogi kritis dalam pendidikan, pedagogi kritis ini diartikan sebagai teori pendidikan dan praktik pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran kritis siswa terhadap situasinya sendiri, sehingga memperoleh kebebasan untuk belajar. Karena pedagogi kritis membimbing guru untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Guru harus menguasai berbagai jenis pengetahuan, seperti pengetahuan akademik, pedagogik, sosial dan budaya. Guru harus mampu berpikir kritis, merespon perubahan dan memecahkan masalah. Adapun artikel yang digunakan merupakan artikel keluaran 10 tahun terakhir dan berindeks. Berdasarkan hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa pedagogik kritis penting bagi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran serta berdasarkan studi pustaka pedagogik kritis dapat mencapai tujuan pendidikan.

Keywords: Kompetensi Pedagogik, Era Scociety 5.0, Pedagogik Kritis.


Full Text:

PDF

References


Abidah et al. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0: Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Volume 7, Nomor 2c, Juni 2022. DOI: Hendriyani, Ani, Rohayati, Etty, Ernalis, Ernalis, & Herlamban http://dx.doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.498

Achmad, F. (2015). Critical Pedagogy (Refleksi Kritis Humanisasi Pendidikan). Dalam Luqman Hakim (ed.). Perbincangan di Ruang Publik. Pontianak: IAIN Pontianak Press. p:1- 21

Angga, dan Muhtar, T,. (2022). Relevansi Pedagogik Kritis dalam Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 5685 – 5691 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basiced

Anis, Yenni. (2013). “Pedagogik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Khatulistiwa Informatika 230 –46

Clark, L.B. (2018). Critical Pedagogy in The University: Can Lecture be Critical Pedagogy?. Policy Futures in Education, 16(8), 985- 999 https://doi.org/10.1177/1478210318787053

Daroin, A. D., & Aprilya, D. (2022, November). Education Paradigm for Happiness Ki Hajar Dewantara’s Philosophical Analysis. In International Conference on Language, Education, and Social Science (ICLESS 2022) (pp. 95-104). Atlantis Press.

Farrow, R. (2017). Open Education and Critical Pedagogy. Learning, Media and Technology, 42, 130–146 https://doi.org/10.1080/17439884.2016.1113991

Freire, P., Macedo, D. P., & Shor, I. (2010). Pedagogy of the oppressed: 30th anniversary. (MB Ramos, Trans.).

Ghufron, M. (2018). “Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan.” Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 1(1):332–37.

Guilherme, Alexandre. (2017). What is Critical about Critical Pedagogy?, Policy Futures in Education, Vol. 15 (1) 3-5, https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/1478210317696357

Hendriani, A. Herlambang, Y, T, Rohayati, E & Setiawan, D (2020). Critical Multiliteration: An Alternative Learning Model for Developing Metacognition Skills in Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series 1764 (1)

Hendriyani, Ani, et all (2019). Critical Multiliteration Model Based on Project Based Learning Approach in Developing Basic School of Metacognition Thinking Skills. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 3(1), 1–7 http://dx.doi.org/10.20961/ijsascs.v3i1.34897

Hendriyani, Ani, et all (2019). Menggugat Pendidikan Indonesia: Telaah Kritis Dalam Perspektif Pedagogik Kritis: proceding of The Internasional Seminar on Philoshopy Education

Herlambang, Y, T. (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multipersfektif. Jakarta: Bumi Aksara

Herlambang, Y, T, Abidin, Y. Hernawan, A H, & Setiawan, D (2020). The Impact Of Science Learning Multiliteration Model Based On Futuristic Pedagogic Approach To Metacognition Ability Of Basic School Students. International Conference on Elementary Education. Vol 2 (1). 1620-1627.

Hermawan, Iwan, Qiqi Yuliati Zakiah, dan Supiana. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru di Era Society 5.0. Jurnal of Islamic Educational Management. 2(2) 117-136. https://doi.org/10.35719/JIEMAN.V2I2.33

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Ipa Di Sd Dan Mi. Fenomena, 7(1), 17–28. http://dx.doi.org/10.21093/fj.v7i1.267

Irianto, D, M. Yunansah, H. Mulyati, T, Herlambang, Y, T. Setiawan, D. (2021). The Effectiveness of Multiliteration Learning Models in Increasing Ecological Literacy of Primary School Students. Journal of Physics: Conference Series 1764 (1),. https://doi.org/10.1088/1742-6596%2F1764%2F1%2F012092

Kumala, V. M., et all. (2018) ‘Sekolah Swasta’, Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan akaompetensi Pedagogik, pp. 1–23.

Mertayasa, I. K., dan Indraningsih, G. K. A. (2020). Effective Learning Approach In New Normal Era. Jayapangus Press Books, 175-199.

Nuryani, P. Abidin, Y, & Herlambang, Y, T. (2019). Model Pedagogik Multiliterasi Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. Vol 11 (2). 117-126. https://doi.org/10.17509/eh.v11i2.18821

Ramadhani, Fadhila, Reinna Devianti, DanHindra Panji Hibowo. (2021). “Pedagogik Kritis Pada Guru Di Sekolah Dasar.” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Prodi Pgsd. Universitas Esa Unggul. 239 –51

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid - 19. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management,2 (3), 244 -255. https://doi.org/https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41

Saputra, A. H., Mardiana, A., & Teguh, T. (2019). Pengembangan Topik Modul Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pgsd Universitas Terbuka Di Kota Palembang. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 113. Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V3i2.34666

Skobelev & Borovik. (2017). On The Way From Industry 4.0 to Industry 5.0: From Digital Manufacturing to Digital Society. Int. Sci. J. “Industry 4.0, 2(6).

Sobarningsih I, dan Muhtar T, (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Abad Ke-21:Sebuah Tinjauan Peran Guru Pada Generasi Z: Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia

Sowrabha, C. (2022). Critical Pedagogy and the Educational Challenge, http://mediaeducation.org.mt/wp-content/uploads/2013/05/Critical-Thinking-and-Critical-Pedagogy.pd

Suciana, N. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pemahaman Terhadap Peserta Didik Di Sd Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 84–103. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V1i1.167

Supriyanto, dan Eko. (2021). “Strategi Penerapan Kebijakan Sovereign Wealth Funds (Swfs) Di Indonesia : Studi Literatur Dan Studi Komparatif Oman.”Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (Jisop) 3(1):10–21. Doi: 10.33474/Jisop.V3i1.69.

Supriyono, A. (2017). The Inluence of Pedagogic, Professional Competency, and Work Motivation on Teacher Performance of Elementary School. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. http://dx.doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017

T. Monchinski. (2011). Engaged Pedagogy, Enraged Pedagogy: Reconciling Politics, Emotion, Religion, and Science for Critical Pedagogy (Rotterdham Netherlands: Sense Publisher

Windra. (2021). Pembelajaran menyambut era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 360–366.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.46286

Article Metrics

Abstract view : 283 times
PDF - 301 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.