Inovasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Risma Sitohang, Sorta Simanjuntak, Yana Haliza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas LKPD berbasis Discovery Learning pada tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Kelas IV berdasarkan hasil uji coba lapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan desain ADDIE. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Addini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase dari hasil validasi ahli materi menunjukkan 88% dan hasil validasi desain menunjukkan 82%. Praktikalitas LKPD diperoleh melalui hasil penilaian oleh ahli praktisi pendidikan dengan hasil persentase 90% dan termasuk kedalam kategori Sangat Praktis. Efektivitas LKPD pada Pre-test memperoleh rata-rata ketuntasan sebesar 62% dan setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan LKPD Berbasis Discovery Learning mengalami peningkatan Post-test sebesar 90% dengan kriteria ketuntasan “Tuntas” dan “Sangat Efektif”. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Addini T.A 2021/2022.

Keywords: LKPD, Discovery Learning, Berpikir Kritis


Full Text:

PDF

References


Akbar, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Siswa MTsN Stabat T.P 2017/2018.

Jahrah, J. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Melalui LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(2), 259–268. http://dx.doi.org/10.51878/secondary.v2i2.1146

Kurniawati. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Lubis, A., & Sukmawarti, S. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Subtema Suhu Dan Kalor Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 1–7.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Oktaviani, R. E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Putra. (2012). Research and Development, Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rajagukguk, K. P., & Rambe. (2022). Pengembangan Media Interaktif Ipa Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 12(3), 217–226. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i3.38261

Selfia, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Kontekstual Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Siswa SD/MI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Subariyanto, M. I. I., Ambarita, A., & Yulianti, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SD. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77–92. https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4620

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Bandung : Alfabeta.

Susanto, A. D. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Prenamedia Group.

Syarah, N. S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. ESJ (Elementary School Journal), 12(2), 181–187. http://dx.doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i2.34267

Wardani, D. A., & Mitarlis. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi. UNESA Journal Of Chemical Education, 7(2), 123–128.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.46489

Article Metrics

Abstract view : 132 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.