Etos Kerja Sebagai Variabel Dominan Pada Model Pengembangan Kinerja Pegawai Atas Variabel Adaptasi Digital, Komitmen Organisasi, Adversity Quotient, Dan Etos Kerja
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh adaptasi digital dan komitmen organisasi terhadap Adversity Quotient Pegawai; pengaruh adaptasi digital dan komitmen organisasi terhadap etos kerja pegawai; pengaruh adaptasi digital, komitmen organisasi, Adversity Quotient dan etos kerja terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini dilakukan pada pada Tenaga Kependidikan di Universitas Negeri Medan dengan melibatkan 130 orang sebagai sampel. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan lima pilihan jawaban. Instrumen yang digunakan terlebih dahulu diujicobakan kepada responden di luar sampel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adaptasi Digital berpengaruh langsung positif terhadap Adversity Quotient sebesar ρ31=0,425; (2) Komitmen Organisasi berpengaruh langsung positif terhadap Adversity Quotient sebesar ρ32=0,500; (3) Adaptasi digital berpengaruh langsung positif terhadap etos kerja sebesar ρ41=0,555; (4) Komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap etos kerja sebesar ρ42=0,411; (5) Adaptasi Digital berpengaruh langsung positif terhadap kinerja sebesar ρ51=0,155; (6) Komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja sebesar ρ52=0,250; (7) Adversity Quotient berpengaruh langsung positif terhadap kinerja sebesar ρ53=0,122; (8) Etos kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja sebesar ρ54=0,492. Berdasarkan penerimaan hipotesis penelitian maka ditemukan model teoritik atau fixed model yang menggambarkan struktur hubungan kausal antara variabel adaptasi digital pegawai, komitimen organisasi, adversity quotient, etos kerja, dan kinerja pegawai di Universitas Negeri Medan.
Keywords: Adaptasi Digital, Adversity Quotient, Etos Kerja, Kinerja Pegawai, Komitmen Organisasi
Full Text:
PDFReferences
Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) sebagai upaya meningkatkan mutu perguruan tinggi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169. http://dx.doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp161-169
Colquitt. J, A., Lipine, J. A., & Wesson, M. J. (2019). Organizational Behavior, Improving Performance and Commitment in the Workplace. McGraw-Hill Book Companies, Inc.
Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi pada Pembelajaran di Sekolah:(sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35. https://dx.doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381
Dermawan, D. (2020). Analisis Variabel Komitmen Organisasi, Iklim Kerja, Kepuasan Kerja dan Etos Kerja yang Memengaruhi Kinerja Pegawai. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1). http://dx.doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1510
Dewi, M., & Suhendri, H. (2017). Pengaruh Kemandirian dan Ketahan malangan (Adversity Quotient) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Intraksi, 2(3), 724–735.
Diniaty, D., & Fairus, M. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai Perpustakaan UIN Suska Riau. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 11(2), 297–304.
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Hidayat, W., Wahyudin, & Prabawanto, S. (2018). Improving students’ creative mathematical reasoning ability students through adversity quotient and argument driven inquiry learning. Journal of Physics, 948(012005), 1–5.
Hulaikah, M., Degeng, I., & Murwani, F. D. (2020). The Effect of Experiential Learning and Adversity Quotient on Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 13(1), 869–884. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13156a
Kreitner, R., & Kinicki, A. (2007). Organizational Behavior. McGraw Hill Irwin.
Lanvin, B., & Monteiro, F. (2021). The Global Talent Competitiveness Index 2021: Talent Competitiveness in Times of COVID.
Nasrun, N. (2015). Pengaruh Dan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Memaksimalisasi Stakeholder Di Sma Plus Al-Azhar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 3(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.5984
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58–67. https://doi.org/10.31934/JSM.V6I1.551
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media.
Srinahyanti, S., Lubis, M. S., & Sari, W. W. (2021). Analisis Usability Google Classroom Sebagai Platform E-Learning Pada Program Studi Pg Paud Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Elementary School Journal Unimed, 11(2) 109-115 https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.25900
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.46490
Article Metrics
Abstract view : 177 timesPDF - 119 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.