Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri 03 Alai Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari 27 orang, yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Alai Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran. Pada siklus I, persentase rata-rata pelaksanaan guru mencapai 70%, dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Sementara itu, persentase rata-rata pelaksanaan siswa juga mengalami peningkatan dari 70% menjadi 90%. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 33.33%, namun meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dalam konteks pembelajaran tematik terpadu, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model PBL memberikan dampak positif. Melalui partisipasi aktif siswa dalam memecahkan masalah, keterampilan dan pemahaman siswa dapat meningkat. Oleh karena itu, disarankan kepada para guru di sekolah dasar untuk mempertimbangkan penggunaan model PBL dalam pembelajaran tematik terpadu guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Keywords: Pembelajaran Tematik Terpadu, Problem Based Learning.
Full Text:
PDFReferences
Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.: PT Bumi Aksara
Basrowi dan Suwandi (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Pustaka Setia
Hernawan, Asep Herry. 2009. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam
Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Peneliti Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta : pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Ridwan Abdullah Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta.:PT Bumi Aksara
Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52.
Adiwiguna, S., Dantes, N., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V SD Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.23887/JPDI.V3I2.2871
Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem Based Learning Dan Argumentation Sebagai Solusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 197–205.
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2522
Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dan Kemandirian Belajar. JURING (Journal For Research In Mathematics Learning), 1(3), 213–218. https://doi.org/10.24014/JURING.V1I3.5359
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Le Thi Thu, H., Tran, T., Trinh Thi Phuong, T., Le Thi Tuyet, T., Le Huy, H., & Vu Thi, T. (2021). Two Decades Of STEM Education Research In Middle School: A Bibliometrics Analysis In Scopus Database (2000–2020). Education Sciences, 11(7), 353. https://doi.org/10.3390/educsci11070353
Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272
Moore, R. L. (2020). Developing Lifelong Learning With Heutagogy: Contexts, Critiques, And Challenges. Distance Education, 41(3), 381–401. https://doi.org/10.1080/01587919.2020.1766949
Ningsih, T., & Aziz, M. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Di Madrasah Ibtidaiyah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 265–277. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5244
Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal Of Education And Learning Mathematics Research (Jelmar), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Indonesian Journal Of Educational Development, 1(2), 283–293. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4006057
Nurafifah, F., Asrin, A., & Tahir, M. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Kelas I SDN Gugus V Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 628–633. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.628
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. http://dx.doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Prijanto, J. H., & De Kock, F. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.
Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138–148.
Rahayu, I. P., & Hardini, A. T. A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Tematik. Journal Of Education Action Research, 3(3), 193–200. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369
Reinita, R. (2020a). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Journal Of Moral And Civic Education, 4(2), 88–96. https://doi.org/10.24036/8851412422020230
Reinita, R. (2020b). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Journal Of Moral And Civic Education, 4(2), 88–96. https://doi.org/10.24036/8851412422020230
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal For Research In Mathematics Learning), 2(1), 049–057. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360
Rohayati, R. (2020). Improving Thematic Learning Outcomes Using Problem Based Learning Models In Class III SD. Social, Humanities, And Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(4), 222–231. https://doi.org/10.20961/SHES.V3I4.53330
Sulastri, E., Supeno, S., & Sulistyowati, L. (2022). Implementasi Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5883-5890. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3400
Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.249
Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra Di SMP. Prisma, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/JP.V8I1.438
Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238–245. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053
Supriatna, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Classroom Action Research, 2(1), 15–19. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.398
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.46491
Article Metrics
Abstract view : 470 timesPDF - 269 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.