Pemerolehan Bahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Malika Diah Ayu Dwide Putri Sakuen, Syahida Rizky Cahya Romadhianis, Muhammad Zilman Nadzif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pemerolehan bahasa pada anak autis kategori ringan di SLB Negeri 1 Bantul serta tantangan yang dihadapi oleh pengajar yang mengajar anak autis kategori ringan. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan observasi partisipan (participant observation) disertai dengan wawancara narasumber yang relevan. Pengambilan sumber data ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini ada 3 anak autis kategori ringan di SLB Negeri 1 Bantul, Yogyakarta. Data primer dan sekunder digunakan sebagai sumber data untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini berupa faktor-faktor mempengaruhi pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus yaitu pengalaman diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan pada kebutuhan anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan pemerolehan bahasa mereka. Metode yang digunakan di SLB Negeri 1 Bantul sudah cukup baik. Prosesnya terdiri dari beberapa langkah, seperti: 1) Mengidentifikasi kebutuhan anak; 2) Mengidentifikasi siapa dirinya; 3) Mengidentifikasi anggota keluarga; 4) Berinteraksi dengan teman sebaya; dan 5) Berinteraksi dengan lingkungan sekolah. Hasilnya, masing-masing fase memberikan dampak yang berbeda-beda terhadap pemerolehan bahasa anak. Selanjutnya, tantangan yang dihadapi pada proses pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus oleh pengajar di SLB Negeri 1 Bantul adalah suasana hati anak yang berubah-ubah, karakteristik anak yang berbeda, dan ketidaksepakatan orang tua yang membantunya di rumah.

Keywords: Pemerolehan bahasa, anak berkebutuhan khusus, psikolinguistik


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Luh Ade Vivi, Luh Ayu Tirtayani, dan I Wayan Sujana. “PENGARUH STIMULASI WICARA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU USIA DINI DI TK TUNARUNGU SUSHRUSA” 7 (2019). https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18769.

Nurhastuti dan Biran, M, I. Pendidikan Anak Autis. Goresan Pena, 2018.

Haliza, Nur, Eko Kuntarto, dan Ade Kusmana. “PEMEROLEHAN BAHASA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DALAM MEMAHAMI BAHASA” 2, no. 1 (2020). https://doi:10.26555/jg.v2i1.2051 fatcat:ncfedtm5c5ghfhakiu3ebqjy5m

Handojo. “Autisme Pada Anak.” Jakarta: PT Buhana Ilmu Populer, 2014.

Harras, Kholid A, Andika Dutha Bachari, Dadang Sudana, dan Agus Dani Ramdani. “Dasar- dasar Psikolinguistik,” t.t.

Hikmawati, Yaumil. “Pemerolehan bahasa pada anak autis : Kajian Psikolinguistik.” FKIP UNTAN, 2018.

Maksan, Marjusman. Psikolinguistik. Padang: Padang Press, t.t.

Mohammad Takdir Ilahi. Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Mulyaningsih, Indrya. “PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 4 TAHUN DENGAN WHOLE LANGUAGE,” t.t.

Muradi, Ahmad. “Pemerolehan Bahasa Dalam Perspektif Psikolinguistik Dan Alquran.” Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan 7, no. 2 (7 Desember 2018). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2245.

Nurdyna, Astary, Ahadi Sulissusiawan, dan Agus Syahrani. “PENGGUNAAN BAHASA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DOWN SINDROM): KAJIAN PSIKOLINGUISTIK,” t.t.

Nurlatifah dan Dmari. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Anggota Keluarga melalui Media PECS (Picture Exchange Communication System) pada Anak Autisme Kelas TKLB di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh.” 2019 7 (JUPPHEkhu): 85.

Nurwidyayanti, Nurwidyayanti. “KARAKTERISTIK DAN PERMASALAHAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.” KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE 4, no. 3 (15 Desember 2022): 662–69. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.460.

Ramli, Ezmar. “Bahasa Anak Autis pada SLB Cinta Mandiri Lhoksumawe” 2 (2014): 1–18.

Renzy Agathy Amazeli. “Pemerolehan Bahasa Reseptif dan Ekspresif Anak Autism Spectrum Disorder.” Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FBS, UNP 10, no. 1 (2021). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs.

Rohmania Nur Indah. Gangguan Berbahasa kajian pengantar. 3 ed. UIN-Maliki Press, 2017.

Setiyadi, Alif Cahya. “BAHASA DAN BERBAHASA PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK,” t.t.

Smith, J. David. Inclusion, School for All Student, terj. Denis Ny. Enrica, Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran ,. Cetakan V. Bandung: Nuansa Cendekia, 2013.

Sugiarti, Sugiarti, dan Herni Fitriani. “Pemerolehan Bahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Martapura OKU Timur.” LOYALITAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2 (18 November 2020): 185. https://doi.org/10.30739/loyal.v3i2.440.

Syahid, Ahmad Habibi, MA Pd, Disusun Oleh, dan Zahrotul Wardah. “ILM AL-LUGHAH AL-NADZARY ‘PEMEROLEHAN BAHASA DALAM PERSPEKTIF TEORITIS,’” t.t.

Wahyudi, Wahyudi, dan Muhammad Ridha Ds. “URGENSI MEMPELAJARI PSIKOLINGUISTIK TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA.” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 17, no. 1 (12 Juni 2017): 113–40. https://doi.org/10.32939/islamika.v17i1.202.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i3.46497

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.