Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Digitalisasi Media Pembelajaran Berbasis TPACK (Technology, Paedagogic, Content, And Knowledge)

Tika Puspita Widya Rini, Ali Rachman, Sya'adah Alfiah, Ummi Shalihah

Abstract


KKG Gugus Sungai Jingah Banjarmasin Utara merupakan komunitas guru-guru Sekolah Dasar di Banjarmasin Utara untuk meningkatkan kualitas guru dalam pembelajaran. Terbatasnya kemampuan guru-guru mengemas suatu media pembelajaran berbasis digital dalam proses belajar mengajar akan mempengaruhi profesionalisme guru. Sehingga diperlukan suatu  kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengenal konsep TPACK dan membuat media inovatif berbasis TPACK serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran. Pelatihan ini dilaksanakan kepada para guru KKG Gugus Sungai Jingah di SDN Banua Anyar 9 Banjarmasin Utara. Metode yang digunakan adalah: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Evaluasi; dan 4) Monitoring. Capaian luaran yang dihasilkan adalah; peningkatan pemahaman guru terhadap materi; produk berupa media TPACK; dan artikel yang dipublikasikan. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah sebanyak 85% guru memahami konsep media dan model TPACK; terdapat peningkatan keterampilan guru dalam membuat media inovatif TPACK. Hasil kegiatan ini menunjukkan keberhasilan akan kegiatan pelatihan, dan perlu adanya monitoring terhadap hasil kegiatan ini serta kegiatan serupa untuk meningkatan keterampilan para guru dalam inovasi media pembelajaran.

Keywords: Pelatihan, Media Pembelajaran, TPACK


Full Text:

PDF

References


Aldenan, Hasruddin, Herawati. 2019. Analisis Kuantitas dan Kualitas Pertanyaan Guru Biologi dan Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pelita Pendidikan: Journal of Biology Education. Vol 7 (1), hal: 9-15.

Armiyati, L & Fachrurozi, M, H. 2022. Technological Paedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Calon Guru Tasikmalaya. JIPSINDO: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. Vol.09 (02), pp. 164-176.

Durdu, L., & Dag, F. 2017. Pre-Service Teacher’s TPACK Development and Conceptions Through a TPACK-Based Course. Australian Journal of Teacher Education, 42(11), 150-171. https://doi.org/10.14221/ajte.2017v42n11.10.

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika. Vol 2 (2).

Jannah, E, F. 2022. Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalam Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 10 (2), pp.348-355.

Khairida, Hasratuddin, Armanto, D. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran RME Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, Vol 4 (1), pp 229-241.

Padmavathi, M. 2017. Preparing Teachers For Technology Based Teaching. Journal on School Educational Technology, 12(3), 1-9.

Rini, TPW & Sari, DD. 2021.Bimbingan Teknis Merancang Pembelajaran Inteaktif Berbasis Daring Di Masa Normal Baru Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Integritas: Jurnal Pengabdian. Vol 5 (1) hal: 194-208.

Rini, TPW & Satrio, A. 2023. Pengenalan Lingkungan Lahan Basah Melalui Penggunaan Media Gamification pada Siswa Sekolah Dasar. PRO SEJAHTERA: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5 hal:64-68.

Satrio, A & Rini, TPW. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gamification Pengenalan Lingkungan Lahan Basah untuk Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, Vol 12 (4) hal 386-396.

Suriansyah, A. 2014. Hubungan Budaya Sekolah, Komunikasi, dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol 13 (3), hal:358-367.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i3.49106

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.