Keefektifan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Sumber Energi

Hanin Nalinda, Ali Formen, Bambang Subali

Abstract


Pemanfaatan multimedia untuk pembelajaran masih sangat terbatas, pelibatan teknologi dalam dunia pendidikan sudah menjadi kebutuhan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan multimedia interaktif terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi kelas V SDIT Cahaya Bangsa Semarang. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Analisis uji hipotesis menggunakan uji z, uji t, dan n-gain. Hasil dari uji hipotesis multimedia interaktif lebih efektif dari pada media kelas kontrol dengan ketuntasan belajar mencapai 75% sedangkan kontrol tidak, thitung (2,115) > ttabel (2,018) dan n-gain (0,63) > kontrol (0,42). Simpulan dalam penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif  efektif meningkatkan  hasil belajar IPA materi sumber energi.

Keywords: Multimedia interaktif, hasil belajar, IPA


Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. J., Yakob, N., Bunyamin, M. A. H., Winarno, N., & Akmal, W. H. (2021). The Effect Of Interactive Computer Animation And Simulation On Students’Achievement And Motivation In Learning Electrochemistry. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 311–324. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.26013

Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan. Itqan, 146-147

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.

Antari NLPY, Wiarta IW, Putra M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal PGSD Univ Pendidik Ganesha [Internet]. 5(2):1– 10. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10928/7004

Apriyanti, Netty. (2017). The Effectiveness of Using Multimedia in Teaching Physics to Gauge Student Learning Outcomes In The Senior High School in Indonesia. International Research Journal of Education and Science (IRJES), 11- 14.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Chichinnda, D.S., Raharjo., Laily, Rosdiana. 2016. Pengembangan Media Permainan Bentengan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Sains. 4 (3): hal 1-6

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.

Fatah, Abdul., Didi, Suryadi., Jozua, Sabandar., Turmudi. (2016). Open-Ended Approach: An Effort In Cultivating Students’ Mathematical Creative Thinking Ability And Self-Esteem In Mathematics. Journal on Mathematics Education. 7(1): 9- 18

Irwandi. Wulandari, N & Topano, A. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kognitif Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ( ISBN : 978- 602-61265-2-8 ), Juni 2018. 1995, 191–196.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (2017)

Kurniawati, I.D dan Nita, S. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. Journal of Computer and Information Technology, No. 2

Kurniawati RP, Hadi FR, Rulviana V. 2019. Penerapan Multimedia Pembelajaran Matematika Berdasarkan CLT (Cognitive Load Theory) Pada Siswa Kelas V SDN Pilangbango. In: Pros Semin Nas Has Penelit LPPM Univ PGRI Madiun. [place unknown]; p. 88–93

Khairani, F., Ningtias, I. W. U., & Destini, F. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Perkuliahan E Learning pada Mata Kuliah Landasan Kependidikan. Jurnal Basicedu, 5(6)

Krüger, J.M.; Bodemer, D. (2022). Application and Investigation of Multimedia Design Principles in Augmented Reality Learning Environments. Information 13, 74. https://doi.org/10.3390/info13020074

Mahbub, M. Kirana, T. Poedjiastoeti, S. 2016. Development of STAD Cooperative Based Learning Set Assisted with Animation Media to Enhance Student’Learning Outcome in MTS. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), No. 2, (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/6004/5458, diakses 6 November 2022).

Mayer, R. 2 Science of Learning: Determining How Multimedia Learning Works. In Multimedia Learning; Cambridge University Press: Cambridge, UK, 2020; pp. 29–62, ISBN 978- 1-316-94135-5

Muchtar, F. Y., Nasrah, & S, M. I. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520– 5529.

Muktiani, N. R., Soegiyanto, Siswantoyo, Rahayu, S., & Hermawan, H. A. (2022). Augmented reality mobile app-based multimedia learning of Pencak Silat to enhance the junior high school students’ learning outcomes. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 41(2), 553-568 https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.49217

Nanang. (2017). Pengaruh Pembelajaran Tutorial Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 190-191.

Novalinda, E. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil Smk Pgri 5 Jembertahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 115.

Novia, P.W. (2019). Keefektifan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Energi. E-Journal Pensa, No. 02, Hal. 133-137

Nugraheni, Nursiwi., Trimurtini., & Kiptiyah. (2018).Penggunaan Alat Peraga Bilangan dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar. 8(1): 20-25.

Priana, R. Y. (2017). Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1-2.

Samodra, D. W., Suhartono, V., & Santosa, S. (2019). Multimedia pembelajaran reproduksi pada manusia. Jurnal Teknologi Informasi, 5(2), 695–710.

Sartono, E. K. E., Sekarwangi, T., & Herwin, H. (2022). Interactive multimedia based on cultural diversity to improve the understanding of civic concepts and learning motivation. World Journal on Educational Technology: Current Issues. 14(2), 356-368. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i2.6909

Surjono, H. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press

Tapilouw, F., & Setiawan, W. (2018). Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 19–26.

Topano, A., Asiyah, Basinun, Walid, A., & Febrini, D. (2021). Improving student cognitive learning outcomes through the development of interactive multimedia- based biology learning at Muhammadiyah University, Bengkulu Improving student cognitive learning outcomes through the development of interactive multimedia-b. In Journal of Physics: Conference Series, 1–11. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1796/1/012042

Ulfah A. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen. J Ilm Bhs dan Sastra. 4(1):1–18

Widodo, Wahono., Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Y. Deliany, N. Hidayat, A. Nurhayati, “Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 17(2). 2019.

Zuhriyah, S. (2016). Pemanfaatan Media Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 522




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i4.55191

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.