Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN

Juli Ester Sibarani, Efendi Napitupulu, Ayi Darmana

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana teknik pembelajaran berbasis lingkungan mempengaruhi hasil belajar IPA kelas IV di SDN Kualuh Selatan Kecamatan Labuhan Batu Utara.  Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 112266 Damuli Kebun sebagai sampel sekolah SDN Kecamatan Kualuh Selatan. Populasi penelitian adalan seluruh SDN Kecamatan Kualuh Selatan. Sampel penelitian berjumlah 68 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol meneraplam strategi pembelajaran ekspositori berjumlah 34 siswa. Angket diujicobakan kepada siswa kelas IV SDN 112265 Damuli Kebun berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (quasi-experimental design). Desain faktorial 2×2 digunakan untuk metode penelitian. Uji homogenitas dan normalitas yang merupakan uji prasyarat uji hipotesis. Analisis varians dua arah digunakan dalam pengujian hipotesis (Two Way Anova). Kesimpulan hasil penelitian terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kecamatan Kualuh Selatan Labuhan Batu Utara.

Keywords: Strategi Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Gaya Belajar, IPA


Full Text:

PDF

References


DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. (2006). Quantum Learning: Membiaasakan Belajar Nyaman & Menyenangkan. Bandung: PT.Mizah Pustaka.

Fatahullah, Muhammad Mirza, dkk. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 05 (2), 141-146, https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/9017/0.

Fauzi, F. (2016). Penerapan Discovery Learning Dengan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Bangun Datar di Kelas V SD N Ampih Tahun 2015/2016. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen, Vol 4, No 4.1, 2016. Diperoleh 21 Desember 2016, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Hasibuan, Sukriadi, dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Benda dan Kegunaannya Dalam Pembelajaran IPA di Kelas II SD Negeri 101040 AEK Sigama. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), Vol.1 No.3, Edisi Desember 2022, h. 18 - 22, https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/101

Nasution, S. (2020). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.

Nurhikmah dan Hasanah, Enung. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol.4, No. 2, Mei–Agustus2021, 272-281, https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/570.

Prabanitha, dkk. (2020). Korelasi Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 25 No. 2, 2020, 212-221, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/25650/15621.

Pratiwi, Anastasia Restu. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V di SD Inpres Taeng Taeng Kabupaten Gowa. Skripsi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Septiani, RD. (2020). Manajemen Pembelajaran Berbasis Alam. Purwokerto: Pustaka Senja.

Suyitno, I, dkk. (2015). Pemanfaatan Potensi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran dengan Teknik Observasi Lingkungan di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional. FIP UM, hal (Vol. 339).

Yuwanita, Ika, dkk. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Instruksional, Volume 1, Nomor 2, April 2020, 152-158. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6261/4041




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i4.55200

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.