Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif “Prophet Paths” Tentang Kisah Nabi Muhammad SAW pada Mata Pelajaran PAI Kelas III SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yaitu Power Point Interaktif dengan memanfaatkan teknologi di dalam proses pengembangannya. Adapun Metode yang digunakan ialah Design and Development (D&D) dengan model pengembagan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan pihak yang terlibat adalah ahli media, ahli materi dan 26 siswa kelas III Sekolah Dasar. Berdasarkan penilaian, diperoleh hasil penilaian oleh ahli media sebesar 100% (Sangat Layak), penilaian oleh ahli media sebesar 97% (Sangat Layak), dan penilaian berdasarkan respon siswa sebesar 92% (Sangat Layak). Oleh karena itu, media ini dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Keywords: Media pembelajaran, Power Point, Interaktif, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Aeni, A. N., & Ariefin, M. R. (2023). Pengembangan E-Book KITANA ( Kisah Keteladanan Nabi ) untuk Meningkatkan Sikap Keteladanan Peserta Didik Sekolah Dasar. 7(20), 194–208.
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Mater Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Aeni, A. N., Khulqi, R., Latifa, D. A., & Inayah, A. N. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran “Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin” Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 979. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1097
Aeni, A. N., Maulana, M., Akbar, K. A., & Hafidz, A. N. (2023). Penggunaan Aplikasi CERAH DENTAL (Cerdas Beribadah dengan Digital) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(1), 222–236. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/indexJIPPSDDOI:https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1
Apriani, N. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powerpoint dalam Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika paka Pokok bahasan Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(2), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16153
Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Fadhilla Imanda Azzahra, Y. F. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADUKELAS IV SEKOLAH DASAR. SEJ (School Education Journal) Vol. 11 No. 3 Desember 2021. 11(3).
Gandamana, A., & Marisa, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker pada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Di Kelas 5 SD Negeri 10 Rantau Prapat. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(3), 213. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.29585
Mailani, E., & Almi, F. P. (2020). Pengembangan Media Kayu Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Saintifik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 19. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i1.19283
Masrurroh, N. N., Ayu Aulia, A. A., Sari, W., & Aeni, A. N. (2023). Pemanfaatan Flipbook SEWA (Sejarah Wali Songo) untuk Mengenalkan Kebudayaan Islam kepada Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 876. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2096
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Pembelajaran, D., Islam, A., Sd, K., & Monika, T. S. (2022). Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol . 6 , No . 3 , Juli - September 2022. 6(3), 739–753. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1065
Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247
Wahyuni, S., Surikno, H., Latifah, N., & As Sayfullooh, I. (2023). Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Komik Strip Berbalon Kata Tidak Lengkap Bagi Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(1), 121. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.43766
Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Purwadita, 2(2), 50–56.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i2.57344
Article Metrics
Abstract view : 90 timesPDF - 36 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.