Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit III Kelas V B SDN Kepatihan 05 Jember
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Unit III kelas V. Penelitiaan ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V B SDN Kepatihan 05 Jember pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/ 2024. Penelitian ini dilaksanakan atas dasar hasil belajar peserta didik kelas V B tergolong rendah, sehingga dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CRT. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan dua siklus, di mana setiap siklusnya memiliki empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya penerapan pendekatan pembelajaran CRT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, di mana terdapat peningkatan pada pra-siklus dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 33,33%, pada siklus I meningkat menjadi 62,96% dan pada siklus II menjadi 88,89%.
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Culturally Responsive Teaching (CRT)
Full Text:
PDFReferences
Abadi, M., & Muthohirin, N. (2020). Metode Cultural Responsive Teaching dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Tindak Xenophobia dan Rasisme di Tengah Bencana Covid-19. Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 34-48.
Fathonah, A., S. Huda & B. Firmansyah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching. Jurnla Pemikiran Pendidikan, 29(2), 248-257.
Fitria., S. Saenab, S. Tahir & Djumariah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching di SDMP Negeri 1 Pallaga. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1004-1008.
Larasati, A., T. Sunarti & Budiwati. (2023). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Pembelajaran Fisikan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 12(3), 83-91.
Lembong, J. M., H. R. Lumapow & V. N. J. Rotty. (2023) Implemenasi Merdeka Belajar sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio, 9(2), 765-777.
Masyhud, M. S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).
Nasution, D. N., U. R. Efendi, & S. Yunita. (2023) Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah. 8(1), 171-177.
Putri, D. A. H., Asrizal, & Usmeldi. (2022). Pengaruh Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran Sains Terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 103-108.
Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21-27.
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i2.57449
Article Metrics
Abstract view : 100 timesPDF - 47 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.