Mengidentifikasi Kesulitan Guru Dalam Penggunaan Aplikasi Scratch Pembelajaran IPA Di Kelas 5 SD Negeri 1 Cempaga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan guru dalam penggunaan aplikasi Scratch dalam pembelajaran IPA di kelas 5 SD Negeri 1 Cempaga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dengan mendeskripsikan berupa kata-kata atau kalimat yang memiliki makna tertentu. Proses pengumpulan data dilakukan pada bulan Oktober 2023 dengan subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 5 SD Negeri 1 Cempaga. Selanjutnya, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data, menunjukan bahwa guru mengalami beberapa kendala dalam penggunaan media pembelajaran aplikasi Scratch, selanjutnya mengatasi permasalahan tersebut guru melakukan latihan bertahap menggunakan aplikasi Scratch melalui media sosial, serta mencari referensi ide-ide.
Keywords: Scratch, Pembelajaran IPA, Media Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Bagasputera, M. A., Sundari, F. S., Utami, D. S., Negeri, D., Gintung, L., & Bogor, K. (2023). Penerapan Media Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. Sindoro Cendikia Pendidikan, 1(1), 50–63. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Bagus Hardiansyah, Aidil Primasetya Armin, & Agyl Ardi Rahmadi. (2023). Implementasi Aplikasi Game Menggunakan Scratch Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 707–716. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i4.6464
Darmayanti & Epi Ani. (2024). ANALISIS KETERSEDIAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN IPA. 7(1), 9–13.
Darmayanti, N., & Widiani, N. W. (2023). Analisis Permasalahan Dalam Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sdn 1 Cempaga. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 903–909. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1201
Dianti, Y. (2020). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PERANGKAT MULTIMEDIA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERKESULITAN BELAJAR. Elementary School Journal, 7(2), 318–325. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Fauziah, P. S., Kusdiana, A., & S, R. W. (2018). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 106. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13754
Fitriah, D., & Mirianda, M. U. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri, 148–153.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Jannah Dewi, A. I. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103
Jannah, U. R., Putra, F. P. E., Hafsi, A. R., & Basri, H. (2021). Pengembangan Sekolah Inklusi dengan Pemanfaatan Media Visual Scratch dan Alat Peraga Manipulatif. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 89–96. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2653
Luthfi, T., Azzahra, S., Farhan, Z. A., Mutiara Puradireja, S., Iskandar, S., Tiara, N., & Sari, A. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Penunjang Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Teaching and Learning Hal, 2(4), 484–492. http://journals.eduped.org/index.php/intel
Nabilah, A. P., Alindra, A. L., Nurhikmah, I., & Nur, N. (2024). Penggunaan Media Scratch Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1975–1986.
Nalinda, H., Formen, A., & Subali, B. (2023). Keefektifan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Sumber Energi. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(4), 428. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i4.55191
Norrizqa, H. (2021). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 147–154.
Nugroho, G. (2020). Analisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 16/ii Sepunggur. Integrated Science Education Journal, 1(2), 67–71. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.67
Nur Janah, S. N. T., Finali, Z., & Puspitaningrum, D. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Sosial Budaya (MOSIDA) Berbasis Kearifan Lokal Jember. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(4), 443. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i4.48496
Pembelajaran, P. M., Media, B., Konkret, B., Hasil, T., & Ipa, B. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET. 2(1), 10–22.
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Prasti, D., Rusdi, M. I., & Putri, I. K. (2022). ABDIMAS LANGKANAE JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Coding For Kids. 2(2), 170–180. https://pusdig.web.id/index.php/abdimas/index
Satria, E., Gusmaweti, G., Sari, R. T., & Har, E. (2024). Pelatihan Pengenalan Penggunaan KIT Listrik Untuk Peningkatan Kompetensi Guru IPA di Laboratorium Dasar Universitas Bung Hatta. Ikra-Ith Abdimas, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v8i1.3064
Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1716
Wulandari, K. Y., Ketut, N., Partini, S., Komang, N., Ulan, A., Jayanti, K., Prathiwi, R., Ilmu, F., Pendidikan, P. P., & Bali, M. (2023). Jurnal Scratch Efektivitas Guru. 6, 162–169.
Zubaidi, A., Jatmika, A. H., Wedashwara, W., & Mardiyansyah, A. Z. (2021). Pengenalan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Bagi Siswa SD 13 Mataram. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 2(1), 95–102. https://doi.org/10.29303/jbegati.v2i1.423
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i2.58138
Article Metrics
Abstract view : 60 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.