Mengidentifikasi Kesulitan Guru Dalam Penggunaan Aplikasi Scratch Pembelajaran IPA Di Kelas 5 SD Negeri 1 Cempaga

Ni Wayan Sri Darmayanti, Kadek Yuni Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan guru dalam penggunaan aplikasi Scratch dalam pembelajaran IPA di kelas 5 SD Negeri 1 Cempaga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dengan mendeskripsikan berupa kata-kata atau kalimat yang memiliki makna tertentu. Proses pengumpulan data dilakukan pada bulan Oktober 2023 dengan subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 5 SD Negeri 1 Cempaga. Selanjutnya, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data, menunjukan bahwa guru mengalami beberapa kendala dalam penggunaan media pembelajaran aplikasi Scratch, selanjutnya mengatasi permasalahan tersebut guru melakukan latihan bertahap menggunakan aplikasi Scratch melalui media sosial, serta mencari referensi ide-ide.

Keywords: Scratch, Pembelajaran IPA, Media Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Bagasputera, M. A., Sundari, F. S., Utami, D. S., Negeri, D., Gintung, L., & Bogor, K. (2023). Penerapan Media Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. Sindoro Cendikia Pendidikan, 1(1), 50–63. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Bagus Hardiansyah, Aidil Primasetya Armin, & Agyl Ardi Rahmadi. (2023). Implementasi Aplikasi Game Menggunakan Scratch Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 707–716. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i4.6464

Darmayanti & Epi Ani. (2024). ANALISIS KETERSEDIAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN IPA. 7(1), 9–13.

Darmayanti, N., & Widiani, N. W. (2023). Analisis Permasalahan Dalam Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sdn 1 Cempaga. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 903–909. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1201

Dianti, Y. (2020). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PERANGKAT MULTIMEDIA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERKESULITAN BELAJAR. Elementary School Journal, 7(2), 318–325. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Fauziah, P. S., Kusdiana, A., & S, R. W. (2018). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 106. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13754

Fitriah, D., & Mirianda, M. U. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri, 148–153.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Jannah Dewi, A. I. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103

Jannah, U. R., Putra, F. P. E., Hafsi, A. R., & Basri, H. (2021). Pengembangan Sekolah Inklusi dengan Pemanfaatan Media Visual Scratch dan Alat Peraga Manipulatif. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 89–96. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2653

Luthfi, T., Azzahra, S., Farhan, Z. A., Mutiara Puradireja, S., Iskandar, S., Tiara, N., & Sari, A. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Penunjang Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Teaching and Learning Hal, 2(4), 484–492. http://journals.eduped.org/index.php/intel

Nabilah, A. P., Alindra, A. L., Nurhikmah, I., & Nur, N. (2024). Penggunaan Media Scratch Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1975–1986.

Nalinda, H., Formen, A., & Subali, B. (2023). Keefektifan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Sumber Energi. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(4), 428. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i4.55191

Norrizqa, H. (2021). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 147–154.

Nugroho, G. (2020). Analisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 16/ii Sepunggur. Integrated Science Education Journal, 1(2), 67–71. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.67

Nur Janah, S. N. T., Finali, Z., & Puspitaningrum, D. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Sosial Budaya (MOSIDA) Berbasis Kearifan Lokal Jember. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(4), 443. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i4.48496

Pembelajaran, P. M., Media, B., Konkret, B., Hasil, T., & Ipa, B. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET. 2(1), 10–22.

Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845

Prasti, D., Rusdi, M. I., & Putri, I. K. (2022). ABDIMAS LANGKANAE JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Coding For Kids. 2(2), 170–180. https://pusdig.web.id/index.php/abdimas/index

Satria, E., Gusmaweti, G., Sari, R. T., & Har, E. (2024). Pelatihan Pengenalan Penggunaan KIT Listrik Untuk Peningkatan Kompetensi Guru IPA di Laboratorium Dasar Universitas Bung Hatta. Ikra-Ith Abdimas, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v8i1.3064

Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1716

Wulandari, K. Y., Ketut, N., Partini, S., Komang, N., Ulan, A., Jayanti, K., Prathiwi, R., Ilmu, F., Pendidikan, P. P., & Bali, M. (2023). Jurnal Scratch Efektivitas Guru. 6, 162–169.

Zubaidi, A., Jatmika, A. H., Wedashwara, W., & Mardiyansyah, A. Z. (2021). Pengenalan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Bagi Siswa SD 13 Mataram. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 2(1), 95–102. https://doi.org/10.29303/jbegati.v2i1.423




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i2.58138

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.