ANALISIS KEBUTUHAN GURU TERHADAP BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 2 CEMPAGA

Pande Putu Niken Nanda Septiani

Abstract


Bahan ajar digital merupakan bahan ajar yang berbasis pada teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang menghadirkan inovasi yang baru di dalam konteks pendidikan, pengajaran dan pembelajaran yakni penggunaan bahan ajar digital. Bahan ajar digital diharapkan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA, khususnya di sekolah dasar. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif--analitik yang bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis hasil penelitian mengenai kebutuhan guru terhadap bahan ajar berbasis digital dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Cempaga. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas I hingga kelas VI Sekolah Dasar yang menggunakan bahan ajar digital dalam proses belajar-mengajarnya di sekolah. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa guru IPA sekolah dasar membutuhkan bahan ajar digital sebagai media pembelajaran di kelas sebab bahan ajar digital dinilai lebih kreatif dan interaktif bagi siswa. Selain itu, bahan ajar digital lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran IPA di ruang kelas. Namun, terdapat beberapa kekurangan dari penggunaan bahan ajar digital, yaitu harus menggunakan perangkat-perangkat elektronik yang memadai dan mumpuni untuk mengakses materi pembelajaran. Perangkat elektronik ini tentunya harus dimiliki oleh guru, para siswa, dan juga pihak sekolah. Lebih lanjut, tidak hanya bahan ajar digital yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran, tetapi juga peran guru dalam membimbing siswa dan memberi penjelasan materi yang mudah dimengerti bagi siswa sehingga bahan ajar digital akan lebih efektif dalam internalisasi materi pelajaran kepada siswa.

References


Hakim, A. R., Windayana, H., Belajar, H., & Pendahuluan, A. (n.d.). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD.

Heronika. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 Melalui Pembelajaran Daring Dengan Media Audio Visual. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1), 66– 76. https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.104

Ipa, B., Siswa, P., Vi, K., Anita, S. D., Feri, D., Media, P., Untuk, G., Hasil, M., Pada, I. P. A., Kelas, S., & Sd, V. I. (2023). PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL PENDAHULUAN Pendidikan di sekolah dasar tidak hanya memberikan bekal kemampuan pengetahuan saja tetapi juga sikap dan keterampilan sebagai proses pengembangan diri dan sosial untuk melanjutkan pendidikan ke . 10(1), 39–48.

Ishaq, K., Azan, N., Zin, M., Rosdi, F., Abid, A., & Ijaz, M. (2020). The Impact Of ICT On Students’ Academic Performance In Public Private Sector Universities Of Pakistan. International Journal Of Innovative Technology And Exploring Engineering, 9(3), 1117–1121.

Marta, L. C. (2019). The Integration of digital devices into learning spaces according to the needs of primary and secondary teachers. TEM Journal, 8(4), 1351–1358. https://doi.org/10.18421/TEM84-36

Motamedi, V. (2019). The Promises Of Presentational Technology For Teaching And Learning. Journal Of Education And Learning (Edulearn), 13(3), 416–419.

Nurhayani, D., Sardimi, & Jumrodah. (2015). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas VIII MTs Raudhatul Jannah Palangkaraya. Edusains, 3(2), 125–140. https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.336

Nurhayati., Kurniawan, K., & Cahyani, I. (2023). KEBUTUHAN BAHAN AJAR DIGITAL MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBANTUAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL DI SMA. Prosiding Riksa Bhasa XVII, 159-166.

Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M UMY.

Rehmat, A. P., & Bailey, J. M. (2014). Technology Integration in a Science Classroom: Preservice Teachers’ Perceptions. Journal of Science Education and Technology, 23(6), 744–755. https://doi.org/10.1007/s10956-014-9507-7

Riyasni, S., Yani, I. P., Sari, W. K., & Zulhendra. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Digital Fisika Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Pendekatan STEM. Jurnal on Education, 6(1), 5849-5858.

Rohmah, S. N., & Roviati, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Menggunakan Aplikasi Youtube. Bio Education, 6(1). https://doi.org/10.31949/be.v6i1.2651

Shatri, Z. G. (2020). Advantages And Disadvantages Of Using Information Technology In Learning Process Of Students. Journal Of Turkish Science Education, 17(3), 420–428.

Singh, R. (2016). Learner and Learning in Digital Era: Some Issues and Challenges. International Education and Research Journal (IERJ), 2(10), 92–94. http://www.igi-global.com/chapter/digital-era/29024

Talebian, S., Mohammadi, H. M., & Rezvanfar, A. (2014). Information and Communication Technology (ICT) in Higher Education: Advantages, Disadvantages, Conveniences and Limitations of Applying E-learning to Agricultural Students in Iran. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 300–305. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.199

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning And Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 3(1), 1–18.

Adabia, R. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING DI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Skripsi. Universtas Negeri Makassar.

Afandi, S Sajidan, M Akhyar, & N. S. (2019). Development Frameworks Of The Indonesian Partnership 21stCentury Skills Standards For Prospective Science Teachers: A Delphi Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 89–100.

Fakhriyah, S Masfuah, M Roysa, A Rusilowati, E. R. (2017). Student’s Science Literacy In The Aspect Of Content Science? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 22–27.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i4.64817

Article Metrics

Abstract view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot