Strategi Guru MI Darul Ulum Wates Dalam Mencetak Prestasi Kejuaraan Akademik Dan Non Akademik Peserta Didik
Abstract
Abstract
This study aims to explain the specific strategies used by MI Darul Ulum Wates Semarang teachers in scoring student achievements in academic and non-academic competitions. The method used in this study is to use a qualitative descriptive method with primary data sources obtained from informants, namely five MI Darul Ulum Wates teachers and observations, while secondary data is obtained from articles, journals, books, teaching materials, and other documents. The results of the study show that (1) teachers' strategies in scoring student achievements at MI Darul Ulum Wates include six main approaches: developing interests and talents, individual approaches, forming special classes, adjusting learning methods, collaborating with external communities, and providing motivation (2) the strategies implemented by MI Darul Ulum Wates teachers can develop the academic and non-academic potential of students in competitions by winning various championships Every year, both at the city, provincial, and national levels.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi-strategi spesifik yang digunakan oleh guru MI Darul Ulum Wates Semarang dalam mencetak prestasi peserta didik dalam perlombaan akademik maupun non-akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data primer diperoleh dari informan yaitu lima orang guru MI Darul Ulum Wates dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari artikel, jurnal, buku, bahan ajar, dan dokumen lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi guru dalam mencetak prestasi peserta didik di MI Darul Ulum Wates meliputi enam pendekatan utama: pengembangan minat dan bakat, pendekatan individual, pembentukan kelas khusus, penyesuaian metode pembelajaran, kolaborasi dengan komunitas eksternal, dan pemberian motivasi (2) strategi yang diterapkan guru MI Darul Ulum Wates dapat mengembangkan potensi akademik dan non-akademik peserta didik dalam perlombaan dengan berhasil meraih berbagai kejuaraan setiap tahunnya, baik di tingkat kota, provinsi, hingga nasional.
References
Afandi, M. A. (2020). Peranan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. AL IBTIDA': Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 17-37.
Albab, S. U., Muslimin, I., Zuhriyah, I. A., & Hernawati, S. (2023). Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 98-106.
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. 8. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi & Ilmu Ekonomi, 8(1), 2549-2284.
Ariska, P. A. (2018). Peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan nilai-nilai pancasila pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1).
Asyiah, E. (2023). MANAJEMEN KESISWAAN BERORIENTASI KOMPETISI. Manajemen Pendidikan Islam: Menjawab Tantangan Bonus Demografi, 179.
Awaliah, N. P., Angraini, L. M., & Muhammad, I. (2023). Tren Penelitian Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika: A Bibliometric Review. Fibonacci, 9(1), 43-62.
Ayu Vitasari, D., & Abidin, Z. (2019). Strategi Guru AIK dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Baisuni, Miela. 2023. Pentingnya Pemahaman T-PACK untuk Guru dalam Era Digital. Kejarcita.id, diakses dari https://blog.kejarcita.id/pentingnya-pemahaman-t-pack-untuk-guru-dalam-era-digital/
Barnabas, H. W., Tambingon, H. N., Rawis, J. A., & Mangantes, M. L. (2022). Supervisi dan evaluasi pendidikan dalam perspektif merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1696-1701.
Burhamzah, M., Fatimah, S., Novia, L., & Radhiyani, F. (2024). MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS BAGI GURU DAN SISWA DI AREA PEDESAAN. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(03), 729-737.
Chairiyah, S S., Khayati, N., & Hanifah, E. (2023). Implementasi dan Evaluasi Pengendalian Strategi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3, 87-92.
Damayanti, L. F. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN BAKAT SISWA MENGHADAPI KOMPETISI PORSENI CABANG SOLO SINGER DI MAN 1 GRESIK TAHUN 2023. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 2(2), 201-209.
Dewi, L., Aprianti, M., Octavia, N., & Mulyana, A. (2023). Analisis Pengembangan Ektrakulikuler Terhadap Minat Bakat Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 205-216.
Fatimah, S., Apriono, D., & Suttrisno, S. (2024). Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online Di Era Milenial (Alternative Pemecahan Masalah). Jurnal Darma Agung, 32(3), 407-413.
Fatmawati, E. (2020). Kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. IBTIDA', 1(2), 135-150.
Fitria, R. N., Alwasih, A., & Hakim, M. N. (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 11-19.
Garnadi, A., Helmawati, H., & Yoseptry, R. (2022). Manajemen Kelas Industri dan Industri Dunia Kerja (IDUKA) dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa (Studi Kasus di SMK Wiraswasta dan SMK PGRI 3 Kota Cimahi). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1047-1058.
Harahap, F. A., Yunita, E., Harahap, T. S. A., Sibarani, W. S., Rafsanjani, A., & Sirait, F. A. (2023). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah SMP Swasta PAB 1 Medan Estate. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 173-187.
Hasibuddin, H., & Setiawati, N. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Journal of Gurutta Education, 2(2), 98-111.
Hattie, John A. C. (2009). Visible Learning. New York: Routledge, 2009. Diakses dari https://inspirasifoundation.org/wp-content/uploads/2020/05/John-Hattie-Visible-Learning_-A-synthesis-of-over-800-meta-analyses-relating-to-achievement-2008.pdf
Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60-71.
Ledang, I. (2023). BUDAYA KELUARGA SEBAGAI MINIATUR PERILAKU BAHASA ANAK USIA SEKOLAH. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 5(1), 1-11.
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222.
Lestari, E. A., & Nuryanti, N. (2022). Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3689-3694.
Manurung, F., Sinaga, C. V. R., & Thesalonika, E. (2022). ANALISIS PERAN GURU UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 091556 NAGOJOR. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 146-153.
Masnawati, E., Darmawan, D., & Masfufah, M. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305-318.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.
Padmini, K. H., & Atika, B. P. (2016). Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: Studi Kasus Di Salah Satu SMA Di Salatiga. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).
Purwaji, Q. A., & Rahmawati, F. P. (2022). Inovasi Guru Kelas dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Peserta Didik Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Jurnal Basicedu, 6(4), 6337-6344.
Rahmanda, I., & Zulkarnaen, Z. (2024). Studi Dampak Pendampingan Orang Tua dalam Jam Belajar Sekolah Usia 4-5 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-12.
Ramadina, E. (2024). Pelatihan Manajemen Srategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Nonakademik Peserta Didik di MA Al Fattahiyyah Tulungagung. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 4(1), 107-116.
Rizkyka, A. N., Rizkina, A., & Ramadhani, M. I. (2024). PERAN AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI AKADEMIS SISWA SEKOLAH DASAR: The Role of Extracurricular Activities in Developing Social Skills and Achievement of Elementary School Students. Anterior Jurnal, 23(2), 41-45.
Rohana, R., Asrial, A., & Zurweni, Z. (2020). Profil kemampuan literasi sains peserta didik berdasarkan instrumen scientific literacy assessments (SLA). BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 176-185.
Salam, K., Ma’ruf, M. W., & Hasbi, H. (2024). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Ketuntasan Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Pangkajene. Referensi, 2(1).
Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32-37.
Selegi, Susanti F., Nurhasana, Putri Dewi., Aryaningrum K., Kuswidyanarko, Arief. (2023). Strategi Pembelajaran. Sumatera barat: CV. Azka Pustaka. Diakses dari https://books.google.co.id/books
Sholihin, M. F., Hakim, M. S. T., & Fitri, A. Z. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 168-184.
Sulistyawati, K. (2023). Strategi Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(1), 251-264.
Suyitno, S. (2022). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education, 6(1), 56-65.
Tholkhah, I. (2016). Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah; Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Negeri Madiun. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan.
Wulandari, A., Safitri, S., & Farhurohman, O. (2024). PENTINGNYA GURU DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF YANG KOMPETITIF. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 17(1), 39-55.
Yanto, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Program Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4).
Yumriani, Y., Maemunah, M., Samsuriadi, S., Tapa, M. A., & Burbakir, B. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 119-130.
Zainabon, C. (2023). Upaya meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa melalui penggunaan strategi relasi pada SD Negeri 1 Beureunuen kecamatan mutiara timur kabupaten pidie. Jurnal Serambi Akademica, 11(2), 131-139.
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i4.64956
Article Metrics
Abstract view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.