PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ICARE-K BERKARAKTER UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES IPA MAHASISWA CALON GURU SD
Abstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran ICARE-K yang dapat dibekalkan kepada mahasiswa calon guru SD, mengetahui kevalidan pembelajaran ICARE-K yang dikembangkan, menghasilkan model pembelajaran ICARE-K yang menampilkan keterampilan proses IPA, menghasilkan model pembelajaran ICARE-K yang praktis menumbuhkan karakter dan menampilkan keterampilan proses IPA mahasiswa calon guru SD. Model penelitian pengembangan pendidikan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Hasil akhir menunjukkan bahwa model ICARE-K yang dikembangkan memiliki kriteria valid, efektif, dan praktis.
Kata Kunci: Model ICARE-K, Karakter, Keterampilan Proses IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8169
Article Metrics
Abstract view : 591 timesPDF - 903 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.