MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN ( Studi Kasus SMAN 1 Perbaungan)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : bagaimana manajemen sarana prasarana di SMA Negeri. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data, meliputi: observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) masih terdapat sarana prasarana yang tidak berfungsi, seperti laboratorium komputer, dapur sekolah, ruang penjaga sekolah serta tempat pengolahan sampah, (2) masih ada juga mata pelajaran yang tidak didukung sarana prasarana, seperti laboratorium IPA Biologi, laboratorium bahasa, serta fasilitas seni dan budaya (seperti sanggar dan alat-alat pendukung lainnya untuk seni suara dan lukis). Hasil penelitian menunjukkan manajemen sarana prasarana di SMAN 1 Perbaungan belum dilaksanakan secara optimal. Simpulan : Dilokasi penelitian ini tidak didukung fasilitas pembelajaran yang membuat siswa belajar dan berlatih secara efektif dan efisien.
Kata Kunci: manajemen sarana dan prasarana pendidikan.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 279 timesPDF - 1030 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.