MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN HONORER UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DI PROPINSI SUMATERA UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem manajemen sumber daya manusia di Sekolah Menengah Atas untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif, data berasal dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumen. Subjek penelitian kepala sekolah, guru-guru. Temuan penelitian adalah bidang studi tidak sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkan. Rekrutmen dan seleksi belum di lakukan uji kompetensi sehingga ada beberapa pendidik dan tenaga kependidikan yaitu pendidik tidak bisa menyusun RPP atau silabus, membuat media pembelajaran yang sesuai dengan tema atau materi, pengembangan karier pendidik dan tenaga pendidikan masih menunggu intruksi dari kepala sekolah, dan penempatan pendidik tidak mengacu pada prinsip the right man on the right place sehingga terdapat mismatch sebesar 30% antara latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diampu. Simpulan bahwa pentingya perhatian dan pengembangan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Selama pemerintah tidak sungguh-sungguh mewujudkan pandangan-pandangan dalam pengembangan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, bisa dipastikan bahwa mutu pendidikan stagnan dan bahkan menurun.
Keywords— Manajemen, Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Pendidikan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 154 timesPDF - 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.