DUKUNGAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS STUDI PADA SMA NEGERI 3 MEDAN

Musdhalifah Zebua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dukungan sarana dan prasarana pembelajaran  di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan alat alat laboratorium kurang lengkap, buku buku perpustakaan penunjang praktek di laboratorium tidak ada, laboratorium bahasa dan ruangan seni tidak ada dan tidak mendukung mata pelajaran tersebut. Hasil penelitian ini adalah sarana pembelajaran, fasilitas praktek di laboratorium kurang berfungsi, dan tidak ada pengelolaan fasilitas pembelajaran di kelas. Kesimpulan penelitian adalah  sarana dan prasarana pembelajaran yang dilaksanakan dan perpustakaan  kurang  mendukung  proses pembelajaran. Sarana dan prasarana belajar  yang tidak layak akan menghasilkan standar kompetensi yang rendah dan kemampuan siswa terbatas pada kemampuan kognitif.

Kata kunci : sarana dan prasarana, manajemen pembelajaran


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 265 times
PDF - 315 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.