DUKUNGAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS STUDI PADA SMA NEGERI 3 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dukungan sarana dan prasarana pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan alat alat laboratorium kurang lengkap, buku buku perpustakaan penunjang praktek di laboratorium tidak ada, laboratorium bahasa dan ruangan seni tidak ada dan tidak mendukung mata pelajaran tersebut. Hasil penelitian ini adalah sarana pembelajaran, fasilitas praktek di laboratorium kurang berfungsi, dan tidak ada pengelolaan fasilitas pembelajaran di kelas. Kesimpulan penelitian adalah sarana dan prasarana pembelajaran yang dilaksanakan dan perpustakaan kurang mendukung proses pembelajaran. Sarana dan prasarana belajar yang tidak layak akan menghasilkan standar kompetensi yang rendah dan kemampuan siswa terbatas pada kemampuan kognitif.
Kata kunci : sarana dan prasarana, manajemen pembelajaran
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 265 timesPDF - 315 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.