MODEL SEKOLAH EFEKTIF BERBASIS KOMPETENSI
Abstract
Permasalahan kinerja sekolah secara khususnya kinerja orang-orang yang terlibat di dalam organisasi sekolah (kepala sekolah, guru dan staf) dirasakan masih sangat rendah. Oleh sebab itu, kemampuan orang-orang didalam organisasi sekolah sangat diperlukan untuk memastikan bahwa tujuan sekolah akan tercapai secara pasti. Penelitian ini menggunakan mixed methode(campran kualitatif-kuantitatif tipe embedded) yakni metode kualitatif sebagai metode primer dan kuantitatif sebagai metode skunder yang dilaksanakan dalam satu tahapan penelitian (tahapan kualitatif-kuantitatif secara bersama). Alat pengumpulan data menggunakan koesioner terbuka dan tertutup melalui responden-responden yang telah ditentukan, serta studi dokumentasi.Analisis data menggunakan pendekatan statistik (kuantitatif) dan trasformasi data (kualitatif) yang diperoleh dari sumber atau partisipan yang ditetapkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari karakteristik: (1) kemampuan kerjasama kolegialitas di antara guru-guru, (2) pemahaman proses-proses kognitif dalam penyelenggaraan pengajaran, (3) penguasaan struktur pengetahuan mata pelajaran, (4) pemahaman dan penghayatan terhadap nilai, keyakinan, dan (5) standar mengajar memiliki pengaruh langsung dan positif terhadap kinerja siswa dan guru. Berdasarkan karakteristik kompetensi ini, kinerja guru dan siswa dapat diprediksi, apakah efektif atau tidak.
Kata Kunci: Model Sekolah Efektif, Berbasis Kompetensi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 351 timesPDF - 171 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.