PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPENSASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA SE-KECAMATAN BANGIL
DOI:
https://doi.org/10.24114/em.v14i2.14751Abstract
Tantangan yang terberat yaitu memasuki dunia usaha dan atau dunia industri yang sebenarnya. Sekolah menengah kejuruan (smk) diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut. Output yang dihasilkan harus sesuai tujuan, dengan adanya guru yang tidak hanya mentransfer ilmu saja diharapkan mampu memberikan kinerja dengan maksimal. Agar guru tersebut bisa lebih mencapai kinerja yang tinggi harus didorong oleh motivasi dan kompensasi yang tinggi juga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dab kompensasi, terhadap kinerja guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan disebarkan pada responden. Teknik sampling yang digunakan menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diambil dari tiap sekolah berjumalah 3 guru dari tiap jurusan, sehingga terdapat 42 responden dari 5 sekolah. Uji validitas menggunakan pearson product moment. Teknik analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan analisis inferensial regresi linier sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) tingkat motivasi kerja, kompensasi guru, dan kinerja guru berada pada kategori tinggi, 2) motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru 3) kompensasi guru berpengaruh terhadap kinerja guru, 4) motivasi kerja dan kompensasi guru berpengaruh terhadap kinerja guruPublished
2025-05-10
How to Cite
Windasari, W. (2025). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPENSASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA SE-KECAMATAN BANGIL. EducanduM, 14(2). https://doi.org/10.24114/em.v14i2.14751
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 EducanduM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.