MANAJEMEN PEMBINAAN PENGAWAS SEKOLAH DASAR (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh)
Abstract
Abstrak : Penelitian tentang manajemen pembinaan pengawas Sekolah Dasar(SD) ini untuk
mengetahui bagaimanakah pola pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan kota Banda
Aceh terhadap pengawas SD. Fokus penelitian pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian pembinaan. Pendekatannaturalistik-kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan
alat pengumpul data wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian adalah1)
Perencanaan pembinaan pengawas SD sudah dilakukan, namun masih kurang detil untuk
pembinaan pengawas satuan pendidikan, analisis kebutuhan hanya pada aspek kuantitatif. 2)
Pelaksanaan pembinaan pengawas pendidikan masih kurang efektif, hal itu disebabkan oleh
beberapa faktor, yaitufaktor personal yang melakukan pembinaan, pengorganisasian program,
keterlibatan stakeholder, serta teknik yang digunakan dalam membina pengawas. 3) Penilaian
pengembangan pengawas pendidikan masih kurang efektif, penyebabnya antara lain, hanya
menerima laporan dari pengawas, tidak menggunakan standar kinerja pengawas, usaha tindak
lanjut kurang sistematis. Rekomendasi dari penelitian ini adalah: 1) Pembinaan pengawas
pendidikan perlu diawali dengan perencanaan untuk melakukan kajian terhadap kebutuhan
pengawas SD melalui perencanaan yang rasional. 2) Pelaksanaan pembinaan terhadap
pengawas SD hendaknya melibatkan stakeholders dalam suatu koordinasi yang sinergi untuk
meningkatkan kinerja pengawas. 3) Untuk mengetahui hasil pembinaan yang telah dilakukan
terhadap pengawas perlu dilakukan penilaian tentang keberhasilan pembinaannya dan untuk
pengembangan karir pengawas.
Kata kunci : Manajemen, Pengawasan, Pemantauan pengawas sekolah
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 310 timesPDF - 264 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.