MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA PENDIDIKAN DI SMA UNGGULAN CT FOUNDATION

Lukman Nasution

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan mutu pendidikan melalui standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Unggulan CT Foundation. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara kepada pihak terkait, dan dokumentasi. Berdasarkan Temuan penelitian ini bahwa standar mutu pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Unggulan CT Foundation terdiri dari standar kualifikasi akademik, dan standar kompetensi yang terdiri dari kompetensi pedagogik yang Indikatornya meliputi: pemahaman wawasan atau landasan pendidikan, pemahaman guru terhadap peserta dididk, pengembangan kurikulum/silabus. Kompetensi kepribadian yang indikatornya meliputi : kemampuan dan pengalaman dalam agama, menghormati dan menghargai antar umat beragama, bergaul secara efektif, dan bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar. Kompetensi sosial yang indikatornya meliputi: komunikasi yang baik, dapat memanfaatkan teknologi secara fungsional, bergaul secara efektif, dan bergaul secara santun dengan masyarakat. Dan yang terakhir kompetensi professional yang indikatornya meliputi: mampu menguasai landasan pendidikan, pemahaman terhadap psikologi pendidikan, mampu mengaplikasikan metode dan strategi pembelajaran, mampu merancang media dan sumber belajar, melaksanakan evaluasi pembelajaran, menyusun program pembelajaran, melaksanakan unsur-unsur yang menunjang (diklat/pelatihan), dan melaksanakan penelitian dan berfikir ilmiah.

 

Kata Kunci : Mutu Pendidikan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot